Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Ngecas HP Terlalu Lama Malah Bikin Rusak?

Kompas.com - Diperbarui 14/03/2022, 08:42 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin masih sering mendengar bahwa mengisi daya atau ngecas baterai HP terlalu lama, justru akan membuat ponsel cepat rusak. Peringatan itu muncul lantaran banyak orang yang ngecas HP di malam hari saat tertidur.

Konon, ngecas HP terlalu lama akan mebuat komponen baterai cepat bocor lalu kerusakan akan merembet ke komponen lainnya. Benarkah demikian?

Dilansir dari PCMag, ngecas HP terlalu lama akan merusak ponsel tidak lah benar sepenuhnya. Sebab, smartphone yang beredar di pasaran saat ini dirancang sedemikian "pintarnya" untuk mencegah kerusakan komponsen ponsel saat pengisian daya terlalu lama.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Cas Baterai Ponsel?

Salah satu komponen utama yang memungkinkan baterai dan ponsel tetap aman meskipun dicas terlalu lama adalah chipset.

Sebagian besar chipset yang ditanamkan di smartyphone saat ini memilikki teknologi untuk memastikan tidak terjadi “overload” daya dan dapat memutus aliran listrik secara otomatis ketika daya telah terisi penuh.

Setelah baterai lithium-ion internal mencapai 100% dari kapasitasnya, pengisian akan otomatis berhenti.

Bahkan, beberapa vendor menyematkan teknologi yang lebih mutakhir untuk menjaga kualitas baterai di perangkatnya. Misalnya saja Oppo, yang beberapa perangkat seri A miliknya didukung fitur Optimized Night Charging.

Fitur yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) itu memungkinkan baterai terisi hingga 100 persen ketika pengguna bangun pagi, apabila mengecas ponsel di malam hari menjelang tidur.

Baca juga: Main Ponsel Sambil Di-cas, Remaja Brasil Tewas Kesetrum

Tapi, ngecas HP terlalu lama tetap tidak disarankan

Meskipun mengisi daya HP terlalu lama ternyata tidak serta merta membuat smartphone rusak, namun pengguna tetap disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut.

Sebab, saat Anda mengecas HP semalaman, baterai akan naik-turun di angka 99 ke 100 persen dan sebaliknya. Lambat laun, hal tersebut akan mengurangi masa pakai ponsel dan baterai.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke