Mengenal Workstation, Fungsi dan Contoh Penggunaannya

Kompas.com - 13/03/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah melihat komputer personal (PC) dengan ukuran CPU yang cukup besar dan terdapat lebih dari satu monitor?

Bagi Anda yang kerap menonton konten orang bermain game atau konten desain grafis di YouTube, mungkin pernah melihat PC tersebut. Namun, tahukah Anda mengapa PC tersebut menggunakan CPU yang besar dan monitor yang banyak?

PC yang biasanya digunakan oleh pembuat konten di YouTube tersebut bisa jadi adalah Workstation. Penasaran soal apa yang dimaksud dengan Workstation dan bedanya dengan PC biasa? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Pengertian Workstation dan fungsinya

Berangkat dari pengertian umum terlebih dulu, Workstation adalah komputer dengan didesain khusus untuk pengguna yang terlibat dalam bisnis atau pekerjaan profesional.

Workstation biasanya dibekali spesifikasi yang sangat tinggi, termasuk penggunaan lebih dari satu monitor beresolusi tinggi dan prosesor yang lebih cepat. Spesifikasi yang tinggi pada Workstation memang digunakan untuk menunjang pekerjaan berat.

Beberapa bidang pekerjaan yang kerap memanfaatkan performa dari Workstation, antara lain seperti data saintis, perancang animasi 3D, video editor, arsitek, dan teknisi profesional.

Dengan demikian, fungsi Workstation adalah untuk mengeksekusi segala aktivitas pengguna yang memerlukan beberapa program berat, misalnya program untuk rendering dan pengeditan audio-visual dan program untuk menggambar produk 2D atau 3D.

Dikutip dari laman ensiklpedia teknologi Techopedia, salah satu fungsi Workstation yang lainnya adalah untuk  digunakan sebagai komputer server atau mainframe terminal dalam sebuah jaringan LAN.

Workstation bisa menjadi induk yang dapat memberi atau membagikan akses penggunaan sumber daya, seperti sistem operasi, printer, atau aplikasi tertentu, pada beberapa PC klien biasa, di dalam satu jaringan LAN yang sama.

Melihat fungsi tersebut, tampaknya Workstation memang didesain berbeda dengan PC biasa. Perbedaan utama Workstation dan PC biasa bisa ditemukan pada performanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.