Lapisan Keamanan WhatsApp Web Dipertebal dengan "Code Verify"

Kompas.com - 14/03/2022, 08:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Meta menambah fitur keamanan untuk melindungi pengguna WhatsApp Web. Induk Facebook, Instagram, dkk itu merilis ekstensi untuk browser yang bisa digunakan untuk membuka WhatsApp versi web.

Ekstensi tersebut bernama Code Verify. Ekstensi ini berguna untuk memastikan keamanan dan keaslian halaman WhatsApp Web yang dibuka pengguna melalui browser.

Kehadiran Code Verify diumumkan Meta dalam sebuah pengumuman di blog resmi mereka.

Menurut Meta, jumlah pengguna WhatsApp Web, meningkat setelah mereka meluncurkan fitur Multi-device.

Fitur Multi-device sendiri memungkinkan pengguna membuka aplikasi WhatsApp di browser internet di komputer atau PC tanpa harus terhubung dengan smartphone, asalkan komputer tersebut telah terdaftar di akun WhatsApp di ponsel pengguna.

Baca juga: 5 Cara Membuat WhatsApp Terlihat Offline padahal Sedang Online, Coba Trik Ini Saat Cuti

Meta mengatakan, WhatsApp Web berbeda dengan aplikasi di Android, iOS, dan Windows yang bisa diunduh dari toko aplikasi.

WhatsApp Web dapat diakses siapa saja melalui browser. Sehinggatidak ada pihak ketiga seperti toko aplikasi yang meninjau atau mengaudit kodenya.

"Mulai hari ini, pengguna bisa mengunduh Code Verify, sebuah aplikasi browser gratis yang secara otomatis akan memverifikasi keaslian kode (source code) dari website WhatsApp Web yang ditampilkan di browser Anda," tulis Meta, dikutip KompasTekno dari EngineeringFB, Senin (14/3/2022).

Code Verify nantinya akan memastikan bahwa website WhatsApp Web yang dikunjungi tidak diretas, dibajak, atau disadap sehingga pengguna tetap aman.

Untuk memberikan keamanan dalam level source code WhatsApp Web ini, Meta menggandeng platform pihak ketiga yang biasa menangani infrastruktur dan keamanan dari sebuah website, yaitu Cloudflare.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.