Kompas.com - 14/03/2022, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Berbagai tren di TikTok memang tidak ada habisnya. Mulai dari tren tarian atau dance, lagu atau sound yang sedang ramai digunakan, hingga berbagai konten lainnya. Salah satu yang sedang trending saat ini adalah konten “Accent Challenge”.

Lantas apa itu “Accent Challenge” yang sedang viral di TikTok? “Accent Challenge” merupakan konten yang menampilkan pengguna memperagakan aksen pelafalan kata tertentu, dengan logat daerah mereka masing-masing di Indonesia.

Tidak hanya berbagai aksen/logat daerah di Indonesia, “Accent Challenge” juga dibuat oleh berbagai pengguna dari luar negeri, dengan menampilkan aksen dari berbagai negara asalnya, seperti aksen British, aksen Thailand, asksen Jepang dan lain sebagainya.

Baca juga: Bagaimana Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark?

Di TikTok sendiri, per minggu lalu, “Aksen Challenge” telah diposting sebanyak 88,3 juta pengguna TikTok dengan mayoritas pengguna TikTok berasal dari Indonesia.

Meskipun aksen yang ditampilkan lebih banyak memposting aksen Jawa, namun banyak pengguna TikTok lain yang juga menunjukkan berbagai aksen dari daerah asalnya seperti Betawi, Manado, Madura, hingga Bali. 

Selain menjadi hiburan tersendiri, “Accent Challenge” juga dianggap sebagai konten informatif pengenalan bahasa lokal maupun aksen masing-masing daerah yang belum diketahui pengguna lain sebelumnya.

Sebagai informasi, konten “Accent Challenge” juga tidak sepenuhnya menampilkan aksen dari sebuah pelafalan kata namun juga penyebutan atau nama lain dari istilah tersebut. Postingan ini juga biasanya dilengkapi dengan gambar pendukung pelafalan kata tersebut.

Contoh saja pengguna ingin melafalkan kata "Baterai" dalam aksen Jawa. Maka video tersebut akan menampilkan ilustrasi baterai disertai pengguna yang melafalkan kata "Baterai" dengan aksen khas masyarakat Jawa. 

Baca juga: Susul Instagram, TikTok Juga Uji Langganan Berbayar

Awal video "Accent Challange" juga menampilkan intro seperti "OMG your Javanesse accent is so sexy"  kemudian dilanjutkan dengan melafalkan kata-kata tersebut. 

Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa contoh “Accent Challenge” yang sedang viral di TikTok.

Bekasi

@julioes21 Yeeeeuuu….. kek siapa tu? || IG:@julioes21 #bekasi #bahasabekasi #komedi ? everyone using this sound - zup

Manado 

@kevinbj_ Yuk yg mau belajar bahasa manado wkwk #manado #manadonese ? everyone using this sound - zup

Betawi 

@fadlanholao

Kok Mineral Water di baca nya jadi “Aqua” ya mpok? HAHAHAHA

? everyone using this sound - zup

Bali 

@theonlybuyo #fyp #balinese #balinesegirl #serunyabelajar ? everyone using this sound - zup

Jawa 

@gisel_laaa #culture #javaneseculture #surabaya #accentchallenge #fyp ? everyone using this sound - zup
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.