Kompas.com - 14/03/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Twitter telah menghadirkan pembaruan yang memungkinkan pengguna mengatur timeline (linimasa) mereka sesuai keinginan.

Ada dua opsi yang dapat dipilih oleh pengguna. Opsi pertama yaitu membiarkan linimasa diatur sesuai dengan algoritma Twitter. Dengan opsi ini, tweet yang populer akan tampil paling atas.

Opsi kedua, linimasa diatur berdasarkan unggahan terbaru atau disebut kronologis terbalik. Dengan kata lain, cuitan terbaru akan terlihat paling pertama, terlepas dari popularitasnya.

Baca juga: 5 Situs Buat Download Video Twitter serta Cara Memakainya

Kedua opsi itu tersedia pada menu dengan ikon yang menyerupai bintang atau kilauan. Lantas bagaimana cara mengubah linimasa Twitter, dari yang paling populer menjadi berdasar urutan waktu, dan sebaliknya?

  • Klik menu ikon yang menyerupai bintang yang berada di pojok kanan atas, pada tampilan utama Twitter.
  • Ketika menu bintang itu diklik, Anda akan mendapati opsi untuk beralih ke linimasa berdasarkan kronologis.
  • Jika Anda ingin kembali ke linimasa awal sesuai dengan algoritma Twitter, Anda dapat melakukan cara yang sama, dengan menekan menu yang menyerupai bintang itu.

Menurut juru bicara Twitter, Shaoky Amdo, linimasa berdasarkan algoritma akan diatur sebagai opsi utama (default).

Baca juga: Pengguna Twitter Kini Bisa Tentukan Urutan Linimasa

Dengan demikian, linimasa berdasarkan unggahan terbaru akan kembali ke opsi utama (berdasarkan algoritma), jika pengguna menutup aplikasi dan membukanya kembali di lain waktu.

Amdo juga menegaskan, untuk saat ini tidak ada opsi untuk mengatur linimasa berdasarkan unggahan terbaru sebagai tampilan default.

Menurut keterangan Twitter, opsi untuk mengubah linimasa pada tahap awal tersedia untuk pengguna iOS. Fitur serupa juga dijanjikan segera mendarat pada Twitter versi Android dan web.

Pantauan KompasTekno, Senin (14/3/2022), fitur untuk mengubah tampilan linimasa Twitter itu juga sudah tersedia untuk pengguna Android di Indonesia.

Baca juga: Arti Kata Sat set sat set yang Ramai di Twitter dan Instagram

Diuji coba sejak 2016

Dihimpun KompasTekno, Senin (14/3/2022), Twitter pertama kali menghadirkan algoritma linimasa pada tahun 2016 untuk sebagian pengguna. Sementara itu menu bintang yang memungkinkan linimasa sesuai unggahan terbaru, diperkenalkan perusahaan pada tahun 2018.

Pembaruan kali ini sendiri mulai diuji coba Twitter pada Oktober tahun lalu. Dengan diluncurkannya fitur ini, pengguna dapat mengubah urutan linimasa sesuai dengan preferensinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.