Pendiri Android Sebut Tablet Bakal Gantikan Laptop

Kompas.com - 14/03/2022, 11:46 WIB

KOMPAS.com - Popularitas laptop sebagai perangkat penunjang produktivitas yang bisa dibawa kemanana-mana, diprediksi bakal tergantikan oleh tablet di masa mendatang.

Setidaknya begitulah menurut Rich Miner yang merupakan Chief Technology Officer (CTO) Tablet Google sekaligus salah satu pendiri Android.

Miner mengungkapkan bahwa angka pengiriman tablet menunjukkan tren peningkatan sejak akhir 2019. Pada tahun 2020, menurut Miner, angka pengiriman tablet pada 2020 meningkat dan mulai mendekati angka pengiriman laptop.

"Dari situ, saya berpikir, tidak terlalu lama lagi akan tiba masa di mana ada lebih banyak tablet yang terjual dibandingkan laptop setiap tahunnya," kata Miner.

Baca juga: Unboxing dan Hands-On Samsung Tab S8 Ultra, Tablet Rasa Laptop yang Dibanderol Rp 20 Juta

Dengan kata lain, tablet diprediksi bakal lebih populer ketimbang laptop. Menurut Miner, hal itu terjadi karena dua faktor, pertama karena tablet bisa menjadi perangkat mumpuni untuk menunjang kreativitas dan produktivitas.

Dan yang kedua, selain mumpuni, tablet juga bisa dijual dengan harga jual yang lebih murah ketimbang laptop.

"Setelahnya, saya pikir akan ada gelombang di mana (pengembang) membuat aplikasi yang mengutamakan kompatibilitas dengan tablet," kata Miner, sebagaimana dihimpun dari AndroidCentral.

Pada dasarnya, tablet bisa dikatakan sebagai perangkat ponsel dalam versi ukuran layar yang lebih besar. Bila ponsel biasanya memiliki ukuran layar sekitar 6 inci, tablet memiliki ukuran layar yang lebih besar seperti 8-an inci, 11 inci, atau 12-an inci.

Bahkan yang paling baru, Samsung menelurkan tablet Galaxy Tab S8 Ultra dengan ukuran ayar 14,6 inci. Ukuran layar tablet tersebut paling besar yang ada di pasar untuk saat ini.

Nah, sejumlah aplikasi mobile tak jarang memiliki tampilan yang melebar ketika diakses menggunakan tablet yang notabene memiliki layar yang besar pula.

Baca juga: Android 12L Resmi Meluncur, Ini HP dan Tablet yang Pertama Kebagian

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.