Kompas.com - 14/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna Macbook, mungkin sepakat apabila laptop besutan Apple ini memiliki kualitas layar yang bagus. Layar dengan panel Retina yang diusung pada Macbook terkini, bisa menampilkan warna yang halus nan tajam.

Kendati demikian, kadang beberapa pengguna mungkin tidak puas menatap layar Macbook yang maksimal hanya berukuran 15 inci itu. Biasanya pengguna yang tidak puas dengan ukuran layar tersebut, bakal menghubungkan Macbook ke TV.

Layar TV memang punya bentang yang lebih lebar ketimbang Macbook, antara 32 inci, 43 inci, bahkan ada yang 50 inci. Dengan menggunakan layar TV yang lebih besar, tentu pengalaman berselancar di Macbook jauh terasa lebih lega.

Baca juga: MacBook Tidak Bisa Dicas? Begini 7 Cara Mengatasinya

Cara menghubungkan Macbook ke TV dapat terjadi akibat adanya fitur Screen Mirroring. Setidaknya terdapat dua cara menghubungkan Macbook ke TV, antara menggunakan kabel atau secara nirkabel.

Selengkapnya, simak penjelasan dua cara menghubungkan Macbook ke TV di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

1. Cara menghubungkan Macbook ke TV dengan kabel

Sebelum bisa menghubungkan Macbook ke TV, pastikan Anda telah memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

  • Pastikan Anda memiliki TV yang mendukung sambungan kabel HDMI
  • Apabila laptop Anda adalah Macbook Pro keluaran tahun 2016 atau yang lebih baru, pastikan telah memiliki kabel “USB-C to HDMI”.
  • Apabila laptop Anda adalah Macbook Pro keluaran tahun 2015 ke bawah, pastikan telah memiliki kabel “HDMI to HDMI”

Apabila syarat tersebut telah terpenuhi, kini mulailah proses menghubungkan Macbook ke TV dengan cara sebagai berikut:

  • Sambungkan konektor kabel pada port yang ada di Macbook, bisa USB C atau HDMI, menyesuaikan model Macbook yang Anda miliki
  • Sambungkan konektor HDMI pada port yang ada di TV, saat menyambungkan konektor ini pastikan TV dalam keadaan mati
  • Ingat di port nomor berapa Anda menyambungkan konektor HDMI pada TV
  • Setelah saling tersambung antara Macbook dengan TV, nyalakan TV Anda dan alihkan input layarnya ke sambungan HDMI sesuai nomor port
  • Setiap TV punya pengaturan yang berbeda untuk beralih input ke layar HDMI. Ikuti caranya sesuai petunjuk yang diberikan perangkat TV Anda
  • Tunggu beberapa saat hingga tampilan Macbook muncul di layar TV
  • Anda juga bisa mengatur output audio Macbook agar muncul di TV. Caranya, klik ikon Apple di layar “home” Macbook.
  • Setelah itu, pilih menu “System Preferences”. Lalu, klik opsi “Sound” dan pilih perangkat TV Anda di bagian pengaturan “Output”.

2. Cara menghubungkan Macbook ke TV tanpa kabel

Jika dirasa menggunakan kabel terlalu ribet, Anda bisa menghubungkan Macbook ke TV secara nirkabel atau tanpa kabel.

Cara menghubungkan Macbook ke TV tanpa kabel bisa dimungkinkan dengan memanfaatkan fitur Screen Mirroring khas produk Apple, yakni AirPlay. Cara mengakses fitur ini sangat mudah.

Anda hanya perlu memiliki perangkat Apple TV atau TV dengan merek lain yang sudah mendukung fitur AirPlay. Kebanyakan Smart TV saat ini sudah mendukung fitur AirPlay, seperti dari merek Samsung, LG, dan sebagainya.

Kemudian, pastikan TV tersebut telah terhubung dengan jaringan WiFi yang sama pada Macbook Anda. Perlu diketahui, Apple TV atau Smart TV lainnya saat ini umumnya telah mendukung sambungan konektivitas jaringan WiFi.

Baca juga: 4 Cara Screenshoot di Macbook Tanpa Aplikasi

Sistem di Macbook bakal membaca secara otomatis apabila ada TV yang sama-sama sedang terhubung dalam satu jaringan WiFi. Setelah itu, bakal muncul ikon dua persegi di pusat kontrol Macbook sebagai tanda proses pencerminan layar dapat berlangsung.

Klik ikon tersebut dan pilih TV Anda sebagai pencerminan layar Macbook. Itulah cara menghubungkan Macbook ke TV, baik melalui kabel maupun secara nirkabel, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.