12 Cara Pencarian di Google Search agar Lebih Akurat

Kompas.com - 14/03/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google Search namun tidak menemukan apa yang dicari? Hal ini mungkin dapat dialami sebagian banyak pengguna.

Meskipun Google Search merupakan search engine (mesin pencari) yang andal, namun adakalanya mesin pencari ini tidak dapat menemukan keyword atau frasa sesuai yang dibutuhkan pengguna.

Namun tenang saja, terdapat beberapa tips melakukan pencarian di Google Search agar lebih akurat. Cara ini dapat membantu Anda menemukan konten yang lebih spesifik saat "Googling".

Baca juga: Lokasi Tidak Muncul di Google Maps? Begini Cara Mencarinya

Lantas apa sajakah itu? Simak rangkuman KompasTekno tentang beberapa tips pencarian di Google Search agar hasil lebih akurat.

Gunakan tanda bintang (*) jika lupa kata tertentu saat "Googling"

Gunakan tanda bintang (asterisk) pada pencarian Google untuk menemukan frasa atau kata yang terlupakan. Google akan menanggapi tanda bintang sebagai kata yang harus diisi dengan hasil yang relevan.

Misalnya saja Anda ingin menemukan narasi lengkap dari frasa “Cara Menonaktifkan WhatsApp” namun Anda lupa dengan kata “WhatsApp”. Anda bisa menulisnya di kolom pencarian dengan “Cara menonaktifkan *” (tanpa tanda petik).

Baca juga: 10 Fakta Seputar Google Search yang Wajib Diketahui

Menggunakan kata "Site:" untuk menemukan situs yang tepat di Google Search

Anda dapat menambahkan kata "Site:" untuk menelusuri sebuah kata sebuah situs web. Penggunaan kata tersebut membantu Anda untuk mencari kata atau frasa dalam situs web lebih akurat.

Contoh Anda ingin mencari informasi mengenai “Metaverse” di Kompas.com. Maka Anda dapat mengetikkan di kolom pencarian dengan “Site:Kompas.com Metaverse”

Cantumkan "related:" untuk menemukan situs serupa di Google Search

Jika Anda ingin mencari situs yang juga mengulas mengenai topik yang sama, Anda dapat mengetikkan “Related: nama situs”.

Google akan menampilkan beberapa situs yang mirip dengan apa yang Anda tulis di pencariannya. Contoh “Related:Kompas.com”.

Baca juga: 9 Topik yang Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Search 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.