Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian LAN, MAN, WAN dan Perbedaannya

Kompas.com - 14/03/2022, 17:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Belden

KOMPAS.com - Jaringan atau biasa disebut network dibutuhkan agar berbagai perangkat elektronik, seperti komputer, smartphone, dan lain sebagainya dapat terhubung satu sama lain.

Apabila pengguna ingin mengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya, dibutuhkan suatu "jembatan". Jaringan itulah yang menjadi jembatan dalam proses tersebut.

Ada banyak jenis jaringan yang ada di dunia, seperti Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), hingga Wide Area Network (WAN).

Selain ketiga jenis jaringan di atas, masih banyak jaringan lain yang sesuai dengan fungsi dan cakupan areanya.

Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer yang ada di dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Belden.com, Senin (14/3/2022).

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya.

Baca juga: 3 Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah: Analog, Digital, dan Hybrid

LAN biasanya digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dalam satu rumah, atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih dalam satu atap.

LAN juga diterapkan di berbagai warnet yang menghubungkan banyak komputer ke satu server, di sebuah ruangan kantor untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, hingga printer, dan lain sebagainya.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Seperti namanya, Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota.

Jaringan yang jangkauannya lebih besar dari LAN ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer di satu lembaga ke lembaga lainnya dalam satu wilayah administratif.

Contoh penggunaan MAN adalah adanya sebuah jaringan yang menghubungkan satu lembaga pemerintahan dan lembaga lainnya untuk melancarkan berbagai kegiatan dan kepentingan dengan cepat.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau WAN merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai macam tipe jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak jangkauan yang cukup jauh, bahkan bisa antar negara.

Dengan WAN, data di dalam komputer yang terletak di Indonesia, misalnya, bisa ditransfer dengan mudah dan cepat ke komputer di negara lainnya, misalnya ke Amerika Serikat (AS).

Contoh mudah penerapan WAN adalah jaringan internet yang kita pakai selama ini, di mana WAN akan menghubungkan perangkat kita dengan sebuah komputer atau server yang berlokasi di jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Elon Musk Aktifkan Internet Starlink di Ukraina

Jenis jaringan lain

Personal Area Network (PAN)

Halaman:
Sumber Belden
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com