Cara Memilih Moderator saat Live di Instagram agar Kreator Fokus Siaran

Kompas.com - 15/03/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Pengguna Instagram kini bisa menunjuk seorang moderator untuk "mengawal" saat siaran langsung di Instagram. Fitur moderator tersebut juga sudah bisa dicoba di Indonesia.

Moderator tersebut nantinya akan dapat melakukan sejumlah hal seperti melaporkan dan menonaktifkan komentar yang dinilai mengganggu, serta menghapus seseorang dari siaran yang sedang berlangsung.

Sehingga pengguna Instagram yang melakukan siaran langsung, bisa fokus pada siaran yang dilakukan tanpa perlu repot mengelola komentar yang masuk.

Sebab sebelumnya, pengguna yang ingin mengadakan siaran langsung di Instagram juga harus mengelola komentar secara mandiri.

Baca juga: Live Instagram Bisa Pakai Moderator, Pengguna Indonesia Sudah Bisa Coba

Untuk menunjuk seseorang sebagai moderator di Live Instagram, silakan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan sudah menggunakan instagram versi terbaru. Jika belum, pengguna bisa meng-update aplikasi Instagram melalui Google Play Store dan App Store.
  • Buka Instagram.
  • Klik ikon "+" yang bersisian dengan foto profil. Ikon ini terletak di sisi kiri atas layar.
  • Pilih opsi "Live".


Cara menunjuk orang sebagai moderator saat Live Instagram.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menunjuk orang sebagai moderator saat Live Instagram.

  • Apabila sesi Live telah dimulai, klik ikon "..." di kolom komentar.
  • Pilih opsi "Add Moderator".
  • Pilih moderator dari kolom rekomendasi (suggested). Atau cari username pengguna Instagram yang ingin ditunjuk sebagai moderator Live Instagram secara manual di kolom pencarian (search).
  • Terakhir, klik "Add" pada pengguna Instagram yang ingin dijadikan moderator.

Menurut Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, fitur moderator ini akan bertugas untuk memitigasi berbagai macam bentuk tindak pelecehan dan perundungan yang terjadi selama siaran berlangsung.

Baca juga: Instagram Setop Aplikasi Boomerang dan Hyperlapse

"Kami mengerti pentingnya ruangan virtual yang positif bagi pengguna Instagram, khususnya para kreator, dan kami berharap para kreator dapat lebih fokus terhadap kualitas konten yang dibagikan saat Live dengan adanya fitur baru ini," ungkap Putri.

Bila belum kebagian, pengguna harus sedikit bersabar karena biasanya fitur digelontorkan secara bertahap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.