Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran iPhone 14, Tidak Ada Versi "Mini" dan Pakai Chip Lama?

Kompas.com - 15/03/2022, 13:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple dikabarkan bakal melanjutkan tradisinya untuk meluncurkan jajaran produk iPhone terbaru untuk tahun 2022 ini. Rumor terkait suksesor iPhone 13 Series tersebut pun kini sudah mengalir deras di internet.

Yang terbaru, seorang analis dan pembocor ulung berbagai produk Apple, Ming-chi Kuo mengeklaim bahwa iPhone untuk tahun ini akan melanjutkan penomoran generasi sebelumnya, yaitu bakal bernama iPhone 14.

Dalam sebuah twit melalui handle @mingchikuo, Kuo lantas menyebut bahwa ada empat model iPhone 14 yang bakal diperkenalkan Apple di paruh kedua 2022 mendatang.

Baca juga: Apple Mulai Jual iPhone 12 dan iPhone 12 Pro Refurbished, Harganya?

Keempat model tersebut mencakup iPhone 14 "reguler" dengan layar 6,1 inci, iPhone 14 Max dengan layar 6,7 inci, iPhone 14 Pro dengan layar 6,1 inci, dan iPhone 14 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Apabila benar, maka iPhone model "Mini" tampaknya bakal dipensiunkan Apple setelah hadir di dua seri iPhone 12 dan iPhone 13.

Kuo juga mengatakan bahwa iPhone 14 dan iPhone 14 Max, dua model yang tidak memiliki embel-embel "Pro", tidak akan ditenagai dengan chipset Apple yang diperkenalkan di jajaran iPhone 13 Series, yaitu A15 Bionic.

Sementara itu, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan memiliki "otak" Apple termutakhir yang diduga bernama A16 Bionic.

Menurut beberapa laporan, penamaan chipset A15 Bionic sendiri mungkin akan sedkit diubah layaknya sejumlah nama chipset A12 Bionic yang mentenagai sejumlah produk iPad Pro, seperti A12X Bionic atau A12Z Bionic.

Baca juga: Harga iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Terbaru Maret 2022

Kuo melanjutkan, seluruh model iPhone 14 disebut bakal dibekali dengan RAM 6 GB dengan jenis RAM LPDDR4X untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Max, serta LPDDR5 untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple sebenarnya tak pernah menguak kapasitas RAM iPhone. Namun dengan perbedaan jenis RAM ini, iPhone 14 versi Pro tentunya bakal lebih cepat dibanding iPhone 14 reguler, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Macrumors, Selasa (15/3/2022).

Perlu dicatat, informasi terkait model dan spesifikasi iPhone 14 yang dibagikan Kuo ini belum bisa dipastikan kebenarannya lantaran merupakan rumor.

Sebab, Apple sendiri belum mengumbar hal apapun terkait keberadaan iPhone 14. Selain itu, penerus iPhone 13 juga belum tentu akan dinamai dengan iPhone 14. Kita nantikan saja kepastiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com