Cara Daftar dan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan serta Fitur Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 15/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - BPJS Kesehatan punya beberapa platform digital yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses layanan jaminan kesehatan, salah satunya yakni Primary Care BPJS Kesehatan (PCare BPJS Kesehatan).

PCare BPJS Kesehatan merupakan platform berbasis situs web, yang disediakan BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti Puskesmas, Klinik Pratama, dan Dokter Praktik Mandiri.

PCare BPJS Kesehatan memiliki sistem informasi terintegrasi yang mencakup beberapa data, antara lain seperti data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data rujukan, dan sebagainya.

Baca juga: 3 Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan via Website, Aplikasi JMO, dan SMS

Sementara itu, PCare BPJS Kesehatan juga punya beberapa fitur yang memudahkan penyediaan layanan kesehatan pada pasien, seperti adanya pendataan pendaftaran dan pelayanan pada pasien BPJS Kesehatan.

Dengan fitur tersebut, FKTP bisa mendapat berbagai kemudahan, misalnya pendataan pasien jadi lebih praktis, petugas FKTP hanya perlu menginput data pasien di kolom yang tersedia.

Kemudian, proses diagnosis pasien juga bisa dilakukan lebih cepat, akibat adanya data riwayat kesehatan yang terintegrasi di PCare BPJS Kesehatan.

Baca juga: Cara Daftar Antrean Online BPJS Kesehatan via Mobile JKN

Kendati PCare BPJS kesehatan punya beragam kemudahan seperti di atas, namun platform ini sejatinya belum bisa digunakan atau diakses secara umum. Dengan kata lain, tidak semua pengguna bisa menggunakan PCare BPJS Kesehatan.

Dilansir dari Indonesia.go.id, Senin (14/3/2022), orang atau pihak yang bisa daftar PCare BPJS Kesehatan adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan diri ke BPJS.

BPJS bakal memberi username dan password pada FKTP agar bisa mengakses layanan PCare BPJS kesehatan. Adapun cara daftar PCare BPJS Kesehatan perlu dilakukan secara offline atau mengunjungi langsung kantor BPJS terlebih dahulu.

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi JMO

Selengkapnya, simak cara daftar PCare BPJS Kesehatan berikut ini.

Cara daftar PCare BPJS Kesehatan

  • Kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat di wilayah Anda dan ajukan pendaftaran PCare BPJS Kesehatan
  • Petugas bakal memandu Anda untuk menyelesaikan proses pendaftaran PCare BPJS Kesehatan, berikut dengan memberi username dan password-nya.
  • Setelah mendapat username dan password tersebut, kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di tautan ini https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim 
  • Di halaman awal, isi username dan password yang tadi telah diberikan, untuk login ke PCare BPJS Kesehatan

Baca juga: 2 Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19 Terdekat Secara Online via Google Maps dan Situs Resmi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.