Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan 5G Telkomsel Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 15/03/2022, 15:17 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel menjalin kolaborasi bersama PT Angkasa Pura II untuk memperluas dan memperkuat pemanfaatan jaringan serta layanan 5G Telkomsel.

Kerja sama ini diwujudkan dalam bentuk memperluas dan memperkuat pemanfaatan jaringan serta layanan 5G Telkomsel di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kolaborasi strategis ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh kedua belah perusahaan di Tangerang, Senin (14/3/2022).

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu objek vital negara, terutama sebagai titik masuk dan keberangkatan bagi turis mancanegara hingga delegasi dari berbagai negara.

"Fasilitas yang ditampilkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi representasi Indonesia bagi dunia," kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Kisruh 5G di AS, Ganggu Radar Pesawat hingga Operator Seluler Mengalah

Sigit berharap kerja sama ini bisa membuka lebih banyak lagi pengalaman konektivitas digital dengan jaringan broadband, yang dapat memperkuat transformasi digital operasional bandara.

Sementara President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan AP II ke depannya akan berupaya untuk menghadirkan jaringan 5G di bandara-bandara lainnya sebagai standar layanan dan operasional.

Adapun penerapan jaringan Telkomsel 5G akan dilakukan secara bertahap di sejumlah area utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II.

Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman akses layanan 5G yang setara bagi seluruh penumpang dengan menghadirkan showcase Telkomsel Orbit 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: Menkominfo Pastikan Sinyal 5G di Indonesia Tidak Ganggu Penerbangan

Dengan mengakses Telkomsel Orbit 5G, para penumpang yang belum memiliki device maupun kartu yang mendukung jaringan 5G akan tetap bisa merasakan kecepatan konektivitas Telkomsel 5G dengan maksimal.

Sejak diluncurkan pada Mei 2021 lalu, layanan 5G Telkomsel juga telah beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, terutama di area GraPARI Telkomsel yang ada di kawasan bandara.

Telkomsel juga mengeklaim bahwa penarapan infrastruktur jaringan 5G di lingkungan Bandara International Bandara Soetta telah sesuai aturan yang ditetapkan Kominfo, terutama frekuensi jaringan telekomunikasi yang dipakai, sehingga memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com