Fitur Transkrip Video YouTube Hadir di Android

Kompas.com - 16/03/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Setelah hadir di YouTube versi desktop, fitur transkrip video kini juga dihadirkan Google di YouTube untuk Android.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melihat transkrip atau teks percakapan, atau hal yang sedang dibicarakan dalam video dalam format teks. 

Menurut sejumlah laporan yang beredar di dunia maya, fitur ini nantinya bakal hadir di halaman deskripsi video yang sedang dilihat.

Di halaman itu, disebutkan bakal ada tombol "Show Transcript" yang berguna untuk menampilkan seluruh transkrip video yang sedang pengguna tonton.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip Voice Note

Tombol ini sendiri tampak terletak di bawah menu atau potongan Chapter di dalam video, serta tepat di atas daftar video yang direkomendasikan, sebagaimana terlihat pada ilustrasi gambar di bawah.

Ilustrasi fitur transkrip video di aplikasi YouTube.AndroidPolice Ilustrasi fitur transkrip video di aplikasi YouTube.

Ketika mengeklik tombol tersebut, pengguna lantas bakal bisa melihat daftar teks atau transkrip dari video yang ditonton, lengkap dengan informasi waktu (timestamp) di detik atau menit ke berapa teks tersebut bisa didengar.

Sekilas, tampilan fitur transkrip di aplikasi YouTube versi Android ini mirip dengan YouTube versi web atau desktop.

Namun, di YouTube versi Android, pengguna cukup menekan tombol "Show Transcript" saja untuk menampilkan transkrip video.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Masalah Server 400 Error YouTube Android dan iPhone

Sedangkan di YouTube versi desktop, pengguna perlu mengeklik ikon "tiga titik horizontal" di bagian pojok kanan bawah video lebih dulu sebelum mereka bisa menampilkan transkrip video dengan mengeklik menu "Show Transcript", seperti ilustrasi gambar di bawah ini.

Cara menampilkan transkrip video di YouTube versi web atau desktop.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menampilkan transkrip video di YouTube versi web atau desktop.
Pantauan KompasTekno, fitur transkrip video tampak belum tersedia di aplikasi YouTube versi Android untuk wilayah Indonesia.

Baca juga: Pendapatan YouTube Lampaui Netflix berkat Iklan

Belum diketahui kapan fitur tersebut bakal diluncurkan Google. Namun, fitur ini konon bakal diaktifkan secara bertahap dari sisi server, bukan melalui pembaruan aplikasi YouTube teranyar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Rabu (16/3/2022).

Dengan begitu, pengguna Android bisa mengecek aplikasi YouTube mereka secara berkala untuk mengetahui apakah fitur ini sudah bisa digunakan atau belum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.