Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Main Game “Kuis Hari Bumi” di Google

Kompas.com - 16/03/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber google.com

KOMPAS.com - Kuis Hari Bumi yang bisa dimainkan di Google belakangan ramai di media sosial, seperti Twitter atau Instagram.

Kuis Hari Bumi sebenarnya bukanlah game yang baru ditambahkan Google di platform mesin pencariannya. Kuis Hari Bumi sejatinya telah dirilis sejak tahun 2015, sebagaimana dilansir laman resmi Google

Baca juga: 10 Game Rahasia di Google, Sudah Coba?

Cara main Kuis Hari Bumi ini sangat sederhana. Seperti kuis pada umumnya, pengguna hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan sederhana yang diberikan Google.

Dari jawaban-jawaban tersebut, bakal dipakai untuk menentukan kecocokan karakter atau kepribadian pengguna dengan hewan tertentu, seperti komodo, udang mantis, trenggiling, berang-berang, sotong, dan sebagainya.

Hasil pencocokan tersebut juga bisa dibagikan pengguna ke media sosial lain seperti Twitter atau Instagram. Pencocokan kepribadian dengan hewan itu yang mungkin membuat game ini menjadi menarik dan akhirnya ramai dicoba oleh pengguna.

Baca juga: Mengenal Wordle, Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

Untuk dapat memainkan game ini, pengguna bisa klik tautan atau link Kuis Hari Bumi berikut, lalu membukanya lewat browser yang ada di ponsel atau laptop. Pemain Kuis Hari Bumi bisa menggunakan browser apapun, seperti Chrome, Mozilla, Ssafari, dan sebagainya.

Selain itu, pengguna juga bisa membuka website https://www.google.com lewat browser laptop atau ponsel, kemudian ketik “Kuis Hari Bumi” di kolom pencarian dan ketuk tombol Enter untuk mulai mencarinya.

Google bakal menampilkan banner khusus bertajuk “Hari Bumi: Hewan apa yang mewakili dirimu?”, yang berada di bagian atas halaman pencarian. Kemudian, pengguna bisa mulai memainkan game Kuis Hari Bumi melalui banner tersebut.

Baca juga: Instagram Luncurkan Stiker Kuis dalam Stories

Perlu diperhatikan bahwa cara main Kuis Hari Bumi bisa menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Untuk menyesuaikan bahasa, ubah pengaturan bahasa di Google Search lebih dulu.

Cara mengubah bahasa di Google Search di desktop adalah dengan mengeklik menu pengaturan yang dilambangkan ikon gear, letaknya ada di pojok kanan atas, bersebelahan dengan foto profil pengguna.

Kemudian, pilih language/bahasa > pilih bahasa yang diinginkan > save/simpan. Setelah itu, bahasa di Google Search akan berubah secara otomatis.

Sementara di versi mobile, caranya kemungkinan agak berbeda, tergantung antarmuka masing-masing browser. Namun, secara garis besar caranya hampir sama.

Baca juga: Waspada Bahaya Bermain Kuis Vonvon di Facebook

Sudah penasaran dengan cara main Kuis Hari Bumi di Google? Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Cara main Kuis Hari Bumi

  • Buka link Kuis Hari Bumi lewat browser atau kunjungi Google Search dengan kata kunci “Kuis Hari Bumi”
  • Setelah banner game Kuis Hari Bumi muncul, jawablah lima pertanyaan mengenai kepribadian Anda. Adapun enam pertanyaan itu meliputi:
  1. Apa yang biasa kamu lakukan di Jumat malam?
  2. Jika bertemu teman yang menggunakan pakaian yang sama dalam pesta, apa reaksimu
  3. Pilih camilanmu!
  4. Apa yang kamu harapkan dari pasangan?
  5. Pilih hobimu!
  • Kemudian, jawaban mengenai kepribadian Anda bakal dicocokkan dengan karakter yang dimiliki oleh hewan tertentu, seperti komodo, udang mantis, trenggiling, berang-berang, sotong, dan sebagainya.
  • Game ini juga memberikan deskripsi singkat mengenai karakter hewan tersebut, sehingga mungkin cocok untuk menggambarkan kepribadian Anda
  • Anda juga bisa membagikan hasil pencocokan itu dengan mengetuk opsi “Bagikan”.

Baca juga: Hari Bumi, Google Doodle Bagi-bagi Tips Merawat Lingkungan

Cukup mudah bukan cara main Kuis Hari Bumi? Game yang berbasis situs web ini memang tergolong sebagai permainan ringan dan sederhana. Anda tidak perlu repot menginstal aplikasi dulu dan membutuhkan trik khusus untuk memainkannya.

Perlu diketahui, game Kuis Hari Bumi termasuk dalam salah satu easter eggs Google atau kejutan dari Google, yang kemunculannya kerap tidak diumumkan secara langsung pada pengguna. Easter egg Google biasanya muncul tiba-tiba di hari tertentu.

Baca juga: Google Maps Bisa untuk Main Game Snake, Begini Caranya

Begitu pula dengan game Kuis Hari Bumi, muncul secara tiba-tiba khusus untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap pada tanggal 22 April. Kendati Hari Bumi masih diperingati bulan depan, tak ada salahnya untuk mencoba memainkan game ini.

Dengan game ini, Anda bisa mempelajari karakter hewan atau mungkin sekedar untuk hiburan bersama teman-teman. Demikian link dan cara main Kuis Hari Bumi, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber google.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com