Kompas.com - 17/03/2022, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar laporan bahwa aplikasi sistem Samsung, yaitu Game Optimization Service (GOS) membatasi kinerja dari ribuan aplikasi yang berjalan di sejumlah ponsel dan tablet flagship Galaxy, termasuk Galaxy S22 Series dan Galaxy Tab S8 Series.

Pembatasan alias throttling tersebut, yang konon memangkas kinerja sekitar 10.000 aplikasi dan game, membuat pengguna tak bisa merasakan performa maksimal ketika menjalankan aplikasi atau game yang terdampak.

Terkait hal tersebut, Vice Chief Chairman sekaligus CEO Samsung, Jong-Hee Han menyampaikan permintaan maafnya karena pihaknya tidak mendengar laporan yang didasari dari keluhan pengguna  tersebut.

Sebelumnya, Samsung sendiri diketahui sempat membantah isu throttling yang disebabkan GOS, dan malah mengatakan bahwa aplikasi tersebut dibutuhkan untuk "keamanan pengguna".

Baca juga: Ponsel-ponsel Flagship Samsung Ini Diblokir oleh Geekbench

"Kami minta maaf karena kami tidak dapat mempertimbangkan kebutuhan (keluhan) konsumen kami dengan baik," ujar Han dalam sebuah pertemuan tahunan dengan para pemegang saham, dikutip Kompastekno dari KoreaHerald, Kamis (17/3/2022).

Han menjelaskan, GOS sebenarnya dirancang untuk mengoptimalkan kinerja ponsel berdasarkan karakteristik sang penggunanya, terutama ketika bermain game.

Hal itu, lanjut Han, didasari oleh keinginan Samsung yang ingin memberikan performa perangkat yang konsisten tanpa dilanda panas yang berlebih (overheat), terutama kepada pengguna yang doyan bermain game-game "berat".

"Oleh karena itu, kami membatasi performa CPU dan GPU ke tingkat yang sesuai untuk meminimalisir isu overheat di perangkat, sembari menyeimbangkan performa perangkat tersebut," imbuh Han.

Update sudah dirilis

Saat ini, Samsung sendiri mengeklaim pihaknya mulai menggelontorkan pembaruan software terkait GOS untuk para pengguna Galaxy S22 Series di sejumlah negara, setelah dirilis pertama kali pada 10 Maret lalu di Korea Selatan.

Pembaruan yang sama untuk Galaxy Tab S8 Series, begitu juga beberapa perangkat flagship Galaxy S Series yang sudah meluncur beberapa tahun lalu, disebut bakal digelontorkan Samsung dalam beberapa waktu ke depan.

Ilustrasi pembaruan yang digelontorkan Samsung untuk menangani masalah GOS.AndroidPolice Ilustrasi pembaruan yang digelontorkan Samsung untuk menangani masalah GOS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.