Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liput MotoGP 2022, Jurnalis Asing Pamer Kecepatan 5G Telkomsel di Mandalika

Kompas.com - Diperbarui 18/03/2022, 07:57 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pergelaran olahraga otomotif tingkat dunia Pertamina Grand Prix of Indonesia bakal digelar pada 18-20 Maret 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Perhelatan MotoGP 2022 ini menjadi salah satu yang dinantikan rakyat Indonesia karena akan disiarkan secara internasional.

Tidak hanya penonton dari mancanegara, para pewarta asing pun telah berdatangan ke area Pertamina Mandalika International Street Circuit. Salah satunya adalah Simon Patterson, jurnalis lepas asal Irlandia Utara.

Berdasarkan twit yang diunggah melalui akun Twitter dengan handle @denkmit, Patterson tengah meliput persiapan MotoGP Mandalika. Ia pun membagikan beberapa momen saat meliput MotoGP Mandalika 2022, termasuk saat menulis berita. 

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Kartu Perdana Khusus untuk Turis, Bisa Dipakai Wisatawan Asing Penonton MotoGP Mandalika

Salah satu yang menarik perhatian adalah twit Patterson saat memamerkan kecepatan internet 5G Telkomsel. Patterson mengaku terkesan dengan kecepatan internet 5G yang dimiliki operator seluler pelat merah itu.

"Sangat-sangat terkesan dengan kecepatan @Telkomsel, modem 5G @myorbitid di Lombok, benar-benar cepat," tulisnya sambil mengunggah sebuah foto laptop dan modem Orbit Telkomsel.

Untuk diketahui, Telkomsel menyediakan layanan 5G di perangkat modem Orbit. Paling baru adalah perangkat Modem Orbit Turbo 5G (ZTE MC801A) yang saat ini dijual dengan harga Rp 6,3 jutaan.

Di twit lain, Patterson memamerkan kecepatan jaringan 5G Telkomsel yang memiliki kecepatan unduh (download) mencapai 53,84 Mbps dengan latensi 142 ms.

Baca juga: Kominfo Pastikan 5G Telkomsel dan XL Axiata Hadir di MotoGP Mandalika

Angka tersebut ia peroleh setelah melakukan hasil uji kecepatan (speedtest) melalui situs SpeedTest.net pada perangkat yang terkoneksi dengan modem Orbit Telkomsel.

Melihat hasil speedtest tersebut, Patterson bahkan mengaku bahwa kecepatan internet 5G Telkomsel mampu melampaui kecepatan layanan internet yang umumnya ia gunakan di Irlandia Utara.

"Jauh lebih cepat daripada (kecepatan internet) broadband di rumah saya di Irlandia Utara @Telkomsel," tulisnya.

Tidak hanya di Twitter, Patterson juga memamerkan kecepatan internet Telkomsel di akun Instagram miliknya dengan handle @simonpattersonphoto.

Baca juga: Kominfo Siapkan Internet Kencang di Sirkuit MotoGP Mandalika

Simon Patterson, jurnalis lepas asal Irlandia Utara pameer kecepatan internet 4G di area sekitar area sirkuit Mandalika.Instagram/@simonpattersonphoto Simon Patterson, jurnalis lepas asal Irlandia Utara pameer kecepatan internet 4G di area sekitar area sirkuit Mandalika.

Patterson mengunggah hasil kecepatan tes jaringan 4G Telkomsel melalui sebuah Instagram Stories.

Dari tes yang dilakukannya, layanan internet 4G Telkomsel di Mandalika mampu menghasilkan kecepatan download 27,6 Mbps, serta upload (unggah) 23,80 Mbps dengan latensi 48 ms.

Sebelumnya, Telkomsel telah memastikan kesiapan jaringan 4G/LTE dan 5G untuk penonton, tim, pebalap, serta masyarakat yang berada di kawasan Mandalika.

Baca juga: Jaringan 5G Telkomsel Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut, Telkomsel telah menambahkan 68 BTS 4G baru dengan total menjadi 382 BTS 4G.

Sementara itu, pengalaman internet 5G dapat dirasakan langsung masyarakat Nusa Tenggara Barat dan para pengunjung ajang MotoGP 2022 pada 18-20 Maret 2022.

Selama perhelatan tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital di pergelaran showcase "Telkomsel 5G Experience Center" yang berada di kawasan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Adapun pengalaman menjajal teknologi 5G yang bisa dicoba langsung di lokasi adalah VR Tourism, AR Industrial Worlk Instruction, 5G Humanoid Robot, VR & Cloud Gaming, VR Training & Collaboration untuk industri otomotif, dan 5G Remote Control Drone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com