Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Bandara Lombok

Kompas.com - 18/03/2022, 12:55 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

LOMBOK, KOMPAS.com - Ajang balap MotoGP yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, menjadi momen bersejarah untuk Indonesia.

Sebab, setelah 25 tahun, ajang balap motor tahunan ini kembali ke Tanah Air, setelah terakhir kali digelar pada 1996 dan 1997 silam.

KompasTekno turut berkesempatan untuk berangkat ke Mandalika, guna melakukan pengujian jaringan internet di lokasi sirkuit dan sekitarnya.

Pasalnya, dua operator seluler yakni Telkomsel dan XL Axiata menggelar jaringan generasi kelima alias 5G di ajang tersebut.

Pada Jumat (18/3/2022) sekitar pukul 11.40 WITA pesawat yang kami tumpangi mendarat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tak lama setelah turun dari pesawat, kami menyalakan ponsel yang sejak berada di pesawat disetel dalam mode airplane.

Ponsel yang kami gunakan sudah mendukung 5G, dengan nomor dari operator seluler Telkomsel dan XL Axiata.

Saat airplane mode dinonaktifkan, ponsel mulai mencari sinyal. Tak butuh waktu lama, muncul indikator 5G di ponsel dengan kartu Telkomsel yang kami gunakan. Untuk kartu XL Axiata, kami hanya mendapatkan sinyal 4G, bukan 5G.

Baca juga: Liput MotoGP 2022, Jurnalis Asing Pamer Kecepatan 5G Telkomsel di Mandalika

Telkomsel sendiri memang menghadirkan pengalaman akses konektivitas Hyper 5G di ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Maret di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Operator seluler pelat merah ini menyiapkan 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik, yaitu kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Pantauan KompasTekno di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, baru operator seluler Telkomsel yang menghadirkan jaringan 5G di kawasan tersebut.

Frekuensi yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz. Kedua frekuensi tersebut sudah beroperasi secara komersial sejak tahun lalu. Kemudian, ditambah frekuensi 3.500 MHz yang untuk penggunaannya untuk sementara diizinkan oleh Kementerian Kominfo.

Jajal 5G di Bandara Lombok

Kami menggunakan jaringan 5G tersebut untuk melakukan panggilan video, streaming, serta media sosial.

Panggilan video berjalan lancar dengan kualitas yang baik. Begitu pula saat mencoba streaming. Video dengan kualitas tertinggi bisa kami putar tanpa jeda.

Penggunaan media sosial tidak perlu dipertanyakan lagi. Menjelajahi linimasa media sosial bisa dilakukan tanpa kendala sama sekali.

Baca juga: Telkomsel Siapkan Internet 5G Kecepatan 5 Gbps di Mandalika MotoGP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com