Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2022, 10:41 WIB
|

LOMBOK, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menggelar jaringan 5G di ajang balap MotoGP, Pertamina Grand Prix of Indonesia, yang berlangsung di Mandalika, 18-20 Maret 2022.

KompasTekno pun turut berkesempatan untuk menguji jaringan 5G di sana. Kami melakukan pengujian jaringan 5G Telkomsel menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla.

Pengujian ini kami lakukan di sejumlah titik di sekitar sirkuit, salah satunya adalah tribun yang akan menjadi tempat berkumpulnya para penonton.

Di lokasi ini, kecepatan download jaringan 5G Telkomsel mencapai 1,006 Mbps atau 1 Gbps. Adapun kecepatan upload-nya mencapai 123 Mbps dan latency 14 ms.

Ini adalah kecepatan download tertinggi yang kami dapat selama pengujian pada Sabtu (19/3/2022). Dengan kecepatan tersebut, video streaming dapat berjalan dengan sangat lancar tanpa kendala.

Berselancar di dunia maya, seperti di media sosial juga tidak ada halangan yang menghambat. Kami juga mencoba mengunduh game Call of Duty yang berukuran 1,7 GB dari Google Play Store. Kami hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit 37 detik untuk mengunduh game tersebut.

Baca juga: Telkomsel Siapkan Internet 5G Kecepatan 5 Gbps di Mandalika MotoGP

Adapun perangkat yang kami gunakan adalah Oppo Reno7 Z 5G. Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, angka kecepatan download tersebut merupakan rekor jaringan 5G di perangkat Reno7 Z 5G.

"Oppo Reno7 Z 5G memiliki kompatibilitas dengan jaringan 5G di Indonesia baik yang mengusung sistem Dynamic Spectrum Sharing (DSS) maupun pita N1, n3, n40, dan n78," kata Aryo saat ditemui di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dalam beberapa kali pengujian, kecepatannya download-nya pun stabil di kisaran angka 990 Mbps dengan kecepatan upload sekitar 60 Mbps dan latency 13 ms hingga 14 ms.

Kendati demikian, ada kemungkinan hasil pengujian hari ini akan berbeda di hari berikutnya. Sebab, pada Sabtu (19/3/2022) ini jumlah penonton di sirkuit masih terlihat lengang. Sehingga bandwith jaringan 5G Telkomsel belum banyak terbebani.

Baca juga: Liput MotoGP 2022, Jurnalis Asing Pamer Kecepatan 5G Telkomsel di Mandalika

Telkomsel sendiri menyiapkan 16 BTS 5G yang untuk menghadirkan konektivitas 5G di gelaran internasional tersebut.

Ada dua lokasi utama di mana 5G Telkomsel digelar, yaitu di Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Adapun frekuensi 5G yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu. Selain itu, ada tambahan frekuensi 3.500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Kominfo.

Baca juga: Cerita Pemilik Konter Pulsa yang Dua Kali Disambangi Fabio Quartararo

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.