Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Telkomsel

Telkomsel Tambah Frekuensi 5G untuk Dukung Gelaran MotoGP Mandalika, Begini Hasil Uji Cobanya

Kompas.com - 19/03/2022, 19:08 WIB

KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel menambah frekuensi 5G sebesar 3.500 megahertz (MHz) untuk mendukung perhelatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gelaran MotoGP seri ke-2 itu sesuai jadwal bakal berlangsung dari Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

Sebelumnya, perusahaan pelat merah tersebut sudah menggunakan gabungan frekuensi 5G yang terdiri dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz sejak tahun lalu.

Adapun saat dilakukan pengujian, kombinasi dari frekuensi tersebut diklaim mampu menghasilkan kecepatan unduh atau download hingga lebih dari 2 gigabit per second (Gbps).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, teknologi 5G yang mereka hadirkan merupakan komitmen untuk mendukung perhelatan internasional di Indonesia, termasuk ajang MotoGP.

Baca juga: Begini Cara 5G Telkomsel Tembus Kecepatan 5 Gbps di Sirkuit Mandalika

Selain itu, penambahan frekuensi tersebut juga merupakan wujud konsistensi Telkomsel dalam memperkuat ekosistem ekonomi digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

“Salah satu dari upaya itu adalah dengan melakukan perluasan implementasi pemanfaatan teknologi terdepan untuk berbagai lintas sektor industri di Indonesia, termasuk mendorong kebangkitan industri pariwisata lokal di NTB," ujar Nugroho seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (18/3/2022).

Selain melakukan penambahan frekuensi MHz, Telkomsel juga mengadakan jaringan 5G menggunakan frekuensi milimeter wave (mmWave) 26 gigahertz (GHz). Hal ini dilakukan untuk mendukung jaringan 5G dengan frekuensi sub-6 GHz.

Untuk diketahui, pada pengujian di lapangan, frekuensi tersebut diklaim dapat menghasilkan kecepatan download lebih dari 5 Gbps.

Baca juga: 5G Ponsel Asus Ini Tembus Kecepatan 5 Gbps di Sirkuit Mandalika

Adapun Telkomsel telah menyiapkan 16 base transceiver system (BTS) atau menara telekomunikasi 5G yang menjangkau sejumlah titik. yaitu kawasan Pertamina Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Sebagai informasi, segala penambahan frekuensi yang dilakukan sementara oleh Telkomsel tersebut telah mendapat izin penggunaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI).

Selain menyediakan jaringan 5G, Telkomsel juga memberikan beberapa penerapan (use case) 5G di sekitar area Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Use case tersebut meliputi humanoid robot, cloud gaming, 5g drone, virtual reality, augmented reality (AR) industrial work instruction, dan 5G mmWave-Device.

Jajal jaringan 5G Telkomsel

Pada Jumat (18/3/2022) sekitar pukul 11.45 Waktu Indonesia Tengah (WITA), Kompas.com telah menjajal jaringan 5G Telkomsel di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Dengan ponsel pintar yang dimiliki, Kompas.com menggunakan jaringan 5G Telkomsel untuk melakukan panggilan video, streaming, serta media sosial.

Untuk panggilan video, kualitas yang dihasilkan pun terbilang baik dan lancar. Begitu pula dengan aktivitas streaming yang dilakukan dengan kualitas tertinggi, baik video maupun musik dapat diputar tanpa mengalami jeda ataupun lag.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke