Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara 5G Telkomsel Tembus Kecepatan 5 Gbps di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 08:00 WIB
Reska K. Nistanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

LOMBOK, KOMPAS.com - Telkomsel menyiapkan pengalaman konektivitas internet 5G dengan kecepatan yang diklaim bisa tembus hingga 5 Gpbs, di area gelaran balap MotoGP 2022, Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang berlangsung 18-20 Maret 2020.

Untuk menyuguhkan jaringan 5G secepat itu, ternyata Telkomsel menggunakan teknologi milimeter-wave atau mmWave.

Menurut Ronald Limoa, GM Network Architecture and Strategic Planning Telkomsel, khusus untuk perangkat uji 5G tersebut telah menggunakan frekuensi 26 Ghz yang termasuk sebagai teknologi mmWave.

Baca juga: Telkomsel Siapkan Internet 5G Kecepatan 5 Gbps di Mandalika MotoGP

"Kita terima kasih kepada Kominfo yang mengizinkan memakai frekuensi 26 GHz khusus di sirkuit Mandalika," kata Ronald ditemui di booth 5G Experience Telkomsel di kawasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kuta, Lombok, Sabtu (19/3/2022).

Menurut Ronald, di frekuensi 26 GHz itu, Telkomsel mendapat spektrum 800 Mhz untuk uji coba 5G, dan menghasilkan kecepatan download yang tembus hingga 5 Gbps. Artinya, file ukuran 5 GB bisa diunduh dalam waktu satu atau dua detik saja.

"Cuma memang frekuensi 26 GHz itu (adalah teknologi) mmWave, hal yang baru dan belum banyak device yang ada," kata Ronald.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Perangkat yang digunakan pun tergolong istimewa, yakni ponsel Asus edisi Snapdragon Insider, dengan Qualcomm Snapdragon 888, dan GPU Adreno 660.

Frekuensi 26 GHz sendiri termasuk dalam spektrum mmwave, yang di Indonesia rencananya akan menggunakan bandwith 800 MHz.

Teknologi ini lebih cocok untuk industri, karena jangkauannya apabila dipakai untuk komersil, tidak begitu luas.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Nyambung di Sirkuit Mandalika, Tanpa Ganti Kartu SIM

Selain menggunakan teknologi mmWave 26 GHz spektrum 800 MHz, Telkomsel menurut Ronald juga menggunakan frekuensi 3 GHz dengan spektrum 100 Mhz di sirkuit Mandalika.

"Dengan itu kita dapat speed di atas 2 Gbps download, jadi file 5 Giga itu 2-3 detikan selesai di-download," kata Ronald.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com