Telkomsel Gelar "Showcase" 5G di Mandalika, Pamer Kecepatan Internet 5 Gbps hingga "Cloud Gaming"

Kompas.com - 20/03/2022, 10:01 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com - Setelah 25 tahun, ajang balap MotoGP akhirnya kembali digelar di Indonesia. Balapan motor bergengsi ini digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret.

Di sirkuit Mandalika, bukan hanya para pebalap yang unjuk gigi. Operator seluler di Indonesia juga turut ambil bagian. Mereka pamer kecepatan jaringan 5G, yang merupakan teknologi baru saat ini.

Salah satunya adalah Telkomsel. Tidak hanya memamerkan kecepatan 5G, Telkomsel juga menampilkan berbagai pemanfaatan 5G di booth (stan) "Telkomsel 5G Experience".

Baca juga: Telkomsel Tambah Frekuensi 5G untuk Dukung Gelaran MotoGP Mandalika, Begini Hasil Uji Cobanya

Pantauan KompasTekno, Sabtu (19/3/2022), ada sejumlah use case (skenario) yang ditampilkan di booth tersebut. Seperti penggunaan 5G untuk Virtual Reality (VR), cloud gaming, drone (pesawat tanpa awak), hingga uji kecepatan 5G di frekuensi 26 Ghz (mmWave).

Uji kecepatan di frekuensi 26 GHz ini bisa dibilang istimewa. Sebab, 5G yang digelar di frekuensi ini dapat menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi.

Menurut Ronald Limoa, GM Network Architecture and Strategic Planning Telkomsel, dalam pengujian ini Kementerian Kominfo mengizinkan Telkomsel untuk menggunakan frekuensi 26 GHz dengan lebar pita 800 MHz.

"Ini khusus untuk di Mandalika," kata Ronald.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Dalam pengujian yang dilakukan, kecepatan 5G di frekuensi 26 GHz bisa mencapai 5 Gbps untuk kecepatan download, 5,156 Mbps (5,1 GHz) dan kecepatan upload 344,4 Mbps serta latency 7 ms.

Hasil uji coba speedtest 5G di frekuensi 26 Ghz di booth Telkomsel yang berada di area Pertamina Grand Prix of Indonesia.Kompas.com/Yudha Pratomo Hasil uji coba speedtest 5G di frekuensi 26 Ghz di booth Telkomsel yang berada di area Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Telkomsel juga membawa sejumlah use case lain di booth tersebut. Mulai dari robot 5G, drone, hingga cloud gaming.

Ronald mengatakan, robot 5G yang dipamerkan tersebut memanfaatkan Artificial Intelligence/kecerdasan buatan (AI) untuk dapat bergerak dan berinteraksi. Robot ini nantinya dapat digunakan sebagai penyambut tamu, atau penghangat suasana.

Baca juga: Begini Cara 5G Telkomsel Tembus Kecepatan 5 Gbps di Sirkuit Mandalika

Robot 5G Telkomsel untuk menyambut tamu.Kompas.com/Yudha Pratomo Robot 5G Telkomsel untuk menyambut tamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.