Kompas.com - 21/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Saat ini tampaknya SEO dan pemasaran online menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. SEO memiliki peranan yang cukup penting dalam pemasaran online agar produk milik seorang pelaku usaha bisa dengan mudah diketahui oleh publik.

Suatu produk kini bisa dipasarkan lewat berbagai medium, tidak hanya wadah pemasaran konvensional seperti brosur atau papan reklame, melainkan juga lewat platform digital.

Pelaku usaha atau pebisnis biasanya memasarkan produk lewat berbagai platform digital, termasuk salah satunya adalah website. Pemasaran produk lewat website ini yang tak bisa lepas dari SEO.

Baca juga: Apa Itu Domain? Mengenal Fungsi serta Jenisnya

Di luar hubungan yang lekat antara pemasaran online dan SEO, sebenarnya apa itu SEO dan bagaimana perannya terhadap pemasaran online? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah metode untuk membuat atau mengoptimalkan sebuah website beserta konten yang ada di dalamnya, agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Umumnya SEO dipakai pada platform mesin pencarian milik Google atau Google Search. Alasannya sangat sederhana, 92 persen pangsa pasar platform mesin pencarian telah dikuasai oleh Google Search, sebagaimana dilansir Mailchimp.

Dengan penguasaan pangsa pasar tersebut, asumsinya berarti banyak pengguna yang memakai Google Search untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari informasi di internet.

SEO memiliki fungsi untuk menghubungkan antara kebutuhan pengguna tersebut dengan sebuah website selaku penyedia informasinya. SEO dipakai untuk meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan pengguna ke sebuah website.

Saat pengguna memasukkan kata kunci di mesin pencarian maka otomatis bakal muncul hasilnya. Relevansi kata kunci yang dimasukkan pengguna di mesin pencarian tersebut berkorelasi dengan hasil pencariannya.

Hasil pencarian tersebut berupa daftar website beserta kontennya yang relevan dengan sebuah kata kunci tadi. Pengguna kemudian akan mengujungi salah satu website dari daftar tersebut untuk memenuhi kebutuhannya, sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Agar website tersebut bisa muncul di daftar teratas dari hasil pencarian dan kemudian berpontensi untuk dikunjungi pengguna, dibutuhkanlah SEO.

Sebagai sebuah metode, SEO memiliki teknik atau cara untuk mengoptimalkan website tersebut. Lalu, bagaimana cara menggunakan SEO?

Cara kerja mesin pencarian

Untuk mengetahui menggunakan SEO, penting diketahui terlebih dahulu cara kerja mesin pencarian. Mesin pencarian sebagai wadah untuk menerapkan metode SEO punya cara kerjanya sendiri dalam membuat daftar hasil pencarian.

Sementara SEO bisa dikatakan sebagai upaya untuk memanipulasi cara kerja mesin pencarian itu. Pada platform Google Search, setidaknya terdapat tiga proses yang harus dilalui sebuah website atau konten agar bisa tayang di halaman pencarian.

1. Crawling 

Proses pertama mesin pencari dalam mengelola semua informasi yang ada di dalamnya adalah crawling (perayapan). Mesin pencari bakal secara rutin mengirimkan sistem crawler web untuk memeriksa semua konten.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.