Kompas.com - 21/03/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah situs secara pribadi lewat jaringan server tertentu.

VPN biasanya berfungsi agar pengguna bisa mengakses situs yang mungkin tidak bisa dikunjungi secara bebas karena jaringan servernya dihalangi. Penghalang atau firewall itu yang membuat pengguna akhirnya membutuhkan jaringan server lain.

VPN berfungsi agar pengguna bisa memakai jaringan server lain sehingga dapat mengakses situs yang dibatasi. Pengguna bisa terhubung ke situs tersebut dengan teridentifikasi sebagai bagian dari jaringan server lain.

Baca juga: 2 Cara Menghubungkan MacBook ke TV dengan Mudah

Dalam dunia profesional, VPN juga dipakai mengakses situs yang sengaja dibuat pada server khusus. Tujuannya agar meminimalisir terjadinya pencurian data akibat mengakses internet lewat server publik.

Pada situs yang berada di server khusus, hanya pengguna tertentu yang bisa mengakses karena biasanya perlu memasukkan alamat IP (Internet Protocol) dan password dari server tersebut, sebagaimana dilansir How to Geek.

Sederhananya, koneksi VPN itu bisa diibaratkan sebagai jalan tol yang berada di tengah jalan raya (internet). Pengguna bisa memakai jalan tol itu atau VPN, agar mengakses situs atau lokasi tertentu.

Layaknya jalan tol, koneksi VPN memiliki pengaturannya tersendiri agar bisa digunakan. Setiap perangkat kini bisa mengakses VPN, termasuk laptop Apple Macbook atau kerap disebut Mac.

Namun, cara pakai VPN Mac tentu berbeda dengan perangkat lainnya. Setidaknya, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar bisa menyambungkan Mac ke VPN. Adapun persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui alamat IP atau nama domain server tertentu yang bakal dipakai untuk mengakses internet
  • Mengetahui username dan password dari alamat IP server tersebut
  • Mengetahui tipe protokol keamanan koneksi VPN yang dipakai pada server itu (PPTP atau L2TP)

Setelah memenuhi persyaratan di atas, berikut penjelasan tentang bagaimana cara memasang koneksi VPN di Macbook, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

  • Klik ikon Apple yang berada di halaman “home” Mac, kemudian pilih menu “System Preferences”
  • Pilih opsi “Network”, lalu bakal muncul halaman daftar ketersediaan koneksi internet
  • Pilih ikon tambah yang berada pada daftar tersebut
    Ilustrasi cara pakai VPN di MacbookKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara pakai VPN di Macbook
  • Pada menu pop-up “Interface”, kemudian pilih VPN
  • Setelah itu, pilih tipe protokol keamanan koneksi VPN (PPTP atau L2TP) di kolom “VPN Type”, biasanya tipe protokol ini dapat diketahui dari penyedia koneksi VPN.
  • Selanjutnya, beri nama koneksi VPN yang akan dibuat pada kolom “Service Name”, tidak ada ketentuan khusus dalam membuat nama ini.
  • Kemudian, klik opsi “Create”
  • Masukkan alamat IP atau nama domain server di kolom “Server Address”, lalu masukkan juga username yang biasanya telah ditentukan oleh penyedia VPN.
  • Setelah itu, klik opsi “Authentication Settings”, masukkan kode pengaman atau password pada server teresebut, yang biasanya juga telah ditentukan oleh penyedia VPN
    Ilustrasi cara pakai VPN di MacbookKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara pakai VPN di Macbook
  • Klik opsi “Advanced” untuk memasukkan informasi tambahan (apabila tersedia) seperti pengaturan server DNS, Proxy, serta TCP/IP
  • Terakhir, klik opsi “Apply” dan klik “OKE”.

Setelah selesai melakukan pengaturan, koneksi VPN bakal muncul di daftar ketersediaan koneksi internet pada opsi “Network” tadi. Untuk mulai menyambungkan VPN di Macbook, pilih nama VPN dari daftar itu dan klik opsi “Connect”.

Baca juga: 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Mac dengan Mudah

Sementara untuk menghapus koneksi VPN tersebut, cukup klik ikon minus yang berada di daftar ketersediaan koneksi internet. Cara di atas dijajal pada Macbook dengan versi sistem operasi MacOS Mojave.

Beda versi sistem operasi yang digunakan, kemungkinan berbeda pula letak opsi untuk mengaktifkan VPN di Macbook. Demikian cara pakai VPN Mac, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.