Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elden Ring di PC Rentan Disusupi Hacker, Pemain Diimbau Nonaktifkan Fitur Multiplayer

Kompas.com - 22/03/2022, 08:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Euro Gamer

KOMPAS.com - Di balik keseruan yang dijanjikan game Elden Ring, rupanya ada sebuah bahaya yang dapat mengintai para pemainnya.

Game action role-playing ini diduga rentan terkena serangan peretasan yang dilancarkan oleh sekelompok hacker. Hal tersebut disampaikan oleh sebuah akun Twitter tidak resmi dengan handle @ElderRingUpdate.

Melalui sebuah postingan, akun @ElderRingUpdate menyampaikan peringatan kepada pemain Elden Ring akan risiko peretasan yang dapat mengganggu pengalaman bermain game.

Baca juga: Game RPG Elden Ring Ungkap Jadwal Peluncuran di Indonesia

Akun tersebut mengawali posting dengan imbauan yang dikhususkan untuk pengguna yang memainkan Elden Ring di perangkat berbasis PC.

"Pengumuman untuk para pemain Elden Ring di PC," tulisnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan adanya bentuk eksploitasi akibat peretasan yang dapat merusak file penyimpanan game Elden Ring yang dijalankan melalui PC. Menurut akun @ElderRingUpdate, peretasan tersebut berpotensi membuat game berhenti secara tiba-tiba (crash).

Baca juga: Spesifikasi PC untuk Main Game Elden Ring, RAM Minimal 12 GB

Apabila pengguna mencoba untuk kembali menjalankan game, maka karakter yang dimainkan di dalam game akan terus-menerus mati lantaran terjatuh dari ketinggian.

Di dalam game, pemain akan menjumpai notifikasi: "You Died" yang mengindikasikan bahwa karakter telah dinyatakan mati.

Kemudian, loading screen akan muncul dengan teks yang berbunyi: "Reviving After Dying" yang menandakan bahwa karakter pemain sedang dihidupkan kembali.

Namun setelah karaker kembali dihidupkan, masalah yang sama kembali terulang. Karakter yang sedang dimainkan kembali mati secara mendadak dan hal ini akan terjadi secara terus-menerus.

Baca juga: Aksi Hacker Anonymous Melawan Rusia, Deklarasi Perang hingga Kirim Pesan pada Putin

"Ada upaya eksploitasi yang terjadi di PC di mana peretas akan merusak file penyimpanan (game) saat Anda diserang. Pertama, mereka akan membuat game Anda berhenti, dan ketika Anda membukanya kembali, karakter Anda akan terus-menerus jatuh hingga mati," tulis akun Twitter @ElderRingUpdate.

Hingga saat ini, baik pihak FromSoftware Inc. selaku pengembang game dan penerbit Bandai Namco yang menerbitkan game Elden Ring, masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait masalah tersebut.

Kabar baiknya, ada solusi sementara yang bisa dilakukan bagi pemain yang sudah terlanjur terdampak serangan peretasan ini.

Baca juga: Kelompok Hacker Klaim Bobol Sistem Keamanan PS5

Menurut sebuah postingan dari pengguna Reddit dengan akun u/Draiganedig, pemain dapat mencoba untuk mematikan game di PC secara paksa dengan menekan kombinasi tombol "Alt + F4".

Perlu diperhatikan bahwa cara ini harus dilakukan beberapa detik sebelum karakter di dalam game dinyatakan mati.

Kemudian, buka kembali game dan coba untuk mengakses menu Map (peta) dan berpindah (teleport) ke checkpoint atau yang juga dikenal dengan sebutan "Site of Grace".

Untuk mencegah terjadinya upaya peretasan, pemain Elden Ring disarankan untuk menonakifkan sementara fitur multiplayer di dalam game.

Kasus peretasan ini rupanya tidak hanya terjadi pada Elden Ring saja. Dihimpun KompasTekno dari Euro Gamer, Selasa (22/3/2022), game Dark Souls 3 juga sempat mengalami hal yang serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Euro Gamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com