Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji 5G Telkomsel, Cuma Ponsel Asus yang Tembus 5 Gbps di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 22/03/2022, 09:28 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com - Sebelum ajang balap MotoGP Mandalika 2022, Telkomsel mengeklaim kecepatan 5G yang digelar di area sirkuit bisa menembus hingga 5 Gbps.

Untuk membuktikan klaim tersebut, KompasTekno menguji kecepatan jaringan 5G Telkomsel saat berada di area sirkuit Mandalika, Lombok.

Kami mengujinya menggunakan sejumlah smartphone Android yang sudah beredar di Indonesia. Dari pengujian, kecepatan yang kami dapat ternyata hanya menembus angka 1 Gbps.

Baca juga: Kecepatan 5G Ponsel Xiaomi Ini Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Menurut pihak Telkomsel, untuk mendapatkan kecepatan hingga 5 Gbps di sirkuit Mandalika diperlukan smartphone tertentu.

Ponsel tersebut adalah Smartphone for Snapdragon Insiders buatan Asus. Ponsel Snapdragon 888 ini merupakan ponsel rancangan Qualcomm hasil kerja sama dengan Asus yang dirilis pada Juli 2021. (Baca: Qualcomm Umumkan Smartphone Android Bermerek Snapdragon)

Ponsel Android ini sebenarnya tidak tersedia secara resmi di pasar Indonesia. Namun, Telkomsel memboyongnya ke Indonesia sebagai alat uji 5G dan dipamerkan di booth yang berada di area sekitar sirkuit MotoGP Mandalika 2022.

Kami pun mencoba menjajal kecepatan 5G dari ponsel Asus tersebut. Hasilnya, kecepatan internet 5G-nya bisa menembus kecepatan download 5,154 Gbps, upload 341,4 Mbps, dan latensi 8 ms.

Kecepatan 5G yang didemokan Telkomsel di boothnya tembus 5.154 Mbps alias 5,1 Gbps.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Kecepatan 5G yang didemokan Telkomsel di boothnya tembus 5.154 Mbps alias 5,1 Gbps.

Asus edisi Snapdragon Insiders ini dipilih karena sudah mendukung teknologi mmWave. ,  Selama ajang MotoGP Mandalika, Telkomsel menggunakan teknologi milimeter-wave atau mmWave untuk menyuguhkan jaringan 5G secepat itu.

Menurut Ronald Limoa, GM Network Architecture and Strategic Planning Telkomsel, ponsel Asus yang jadi alat uji 5G tersebut telah menggunakan frekuensi 26 Ghz yang termasuk sebagai teknologi mmWave.

Frekuensi 26 GHz sendiri termasuk dalam spektrum mmwave, yang di Indonesia rencananya akan menggunakan bandwith 800 MHz.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.