Untuk Pertama Kalinya, Penjualan Smartphone 5G Lampaui 4G

Kompas.com - 22/03/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Penyebaran jaringan 5G mulai meluas di berbagai negara. Pun demikian di Indonesia, karena beberapa operator seluler sudah menggelar jaringan 5G dan terus melakukan perluasan jangkauan jaringan tersebut.

Praktik tersebut tampaknya turut mendorong penjualan smartphone 5G secara global. Untuk pertama kalinya, penjualan smartphone 5G melampaui penjualan ponsel 4G di seluruh dunia.

Berdasarkan laporan terbaru dari firma riset Counterpoint Research, smartphone 5G menyumbang sekitar 51 persen dari total penetrasi penjualan smartphone pada Januari 2022.

Baca juga: Samsung Pimpin Jumlah Pengapalan Smartphone 5G

Menurut Counterpoint, kontribusi penjualan smartphone 5G terbesar berasal dari pasar China, Amerika Utara, dan Eropa Barat.

Lebih rinci, China disebut memiliki penetrasi smartphone 5G yang tertinggi dibanding negara lain, yaitu mencapai 84 persen pada Januari lalu.

Sebab, kesiapan 5G operator telekomunikasi di negeri Tirai Bambu itu turut didukung vendor smartphone lokal yang menghadirkan smartphone 5G dengan harga terjangkau.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Bandara Lombok

Adapun di Amerika Utara, penetrasi 5G pada periode yang sama mencapai 73 persen, sementara di Eropa Bara mencapai 76 persen.

Grafik penjualan smartphone 5G yang melampaui penjualan ponsel 4G pada Januari 2022, menurut data dari firma riset Counterpoint Research.Counterpoint Research Grafik penjualan smartphone 5G yang melampaui penjualan ponsel 4G pada Januari 2022, menurut data dari firma riset Counterpoint Research.

Berkat iPhone 5G

Pendorong penetrasi smartphone 5G di kedua wilayah ini adalah iPhone 5G pertama yang dirilis Apple, yakni iPhone 12 series. Di Amerika Utara, Apple meraih pangsa pasar 50 persen, sementara di Eropa 30 persen.

Ketiga wilayah ini, ditaksir Counterpoint akan terus berkontribusi pada pertumbuhan penetrasi smartphone 5G di periode selanjutnya dalam skala global. Sebab, permintaan smartphone 5G khususnya versi iOS dinilai masih tinggi.

Selain dari kesiapan operator dan ketersediaan perangkat 5G, chip 5G versi terjangkau dari MediaTek dan Qualcomm juga dinilai turut mendorong penetrasi smartphone 5G, khususnya untuk perangkat berbasis Android.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.