Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren, Bisa Tanpa Harus Beli Pulsa

Kompas.com - 22/03/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kartu SIM atau nomor telepon dari setiap operator pasti memiliki masa aktif, tak terkecuali Smartfren. Pelanggan Smartfren perlu untuk selalu memperhatikan masa aktif dari kartu SIM miliknya.

Masa aktif kartu Smarfren itu dibutuhkan untuk bisa mengakses layanan, seperti berkirim pesan SMS, panggilan telepon, serta terhubung internet. Kartu Smartfren yang telah habis masa aktifnya bakal tidak bisa dipakai untuk mengakses layanan tersebut.

Baca juga: 4 Cara Registrasi Kartu Smartfren dengan Mudah

Selain itu, pulsa serta segala jenis paket yang ada di dalam kartu Smartfren bakal hangus atau tidak bisa digunakan, apabila masa aktifnya telah habis. Dengan demikian, pelanggan Smartfren perlu untuk senantiasa memperpanjang masa aktif kartunya.

Cara perpanjang masa aktif Smartfren sendiri bisa ditempuh dengan berbagai cara, bisa melalui pembelian pulsa maupun dengan tidak membeli pulsa. Selengkapnya, simak empat cara memperpanjang masa aktif kartu Smartfren, sebagai berikut:

1. Cara memperpanjang masa aktif kartu Smartfren tanpa beli pulsa

Masa aktif kartu Smartfren bisa diperpanjang tanpa harus membeli pulsa dengan memanfaatkan layanan Transfer Pulsa dan Minta Pulsa.

Sesama pelanggan Smartfren bisa berkirim pulsa yang disertai dengan penambahan masa aktif kartu. Setiap pelanggan yang menerima pulsa dari layanan Transfer Pulsa dan Minta Pulsa bakal mendapat tambahan masa aktif.

Lama masa aktif yang ditambahkan itu tergantung dari jumlah pulsa yang diterima dari layanan Transfer Pulsa dan Minta Pulsa.

Adapun minimal nominal pulsa yang dapat ditransfer adalah Rp 1, dengan biaya layanan sebesar Rp 500 yang bakal dibebankan pada pengirim, sedangkan penerima bakal mendapat tambahan masa aktif selama 1 hari.

Sementara itu, nominal maksimal pulsa yang dapat ditransfer adalah Rp 100.000, dengan biaya layanan sebesar Rp 2500 yang bakal dibebankan pada pengirim, sedangkan penerima bakal mendapat tambahan masa aktif selama 15 hari

Untuk cara minta pulsa Smartfren dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 879 dengan format "KIRIM.<Nomor Penerima>.<Nominal>", tanpa tanda kutip.

Sama halnya dengan layanan Transfer Pulsa, pelanggan juga bisa mendapat tambahan masa aktif dengan memanfaatkan layanan Minta Pulsa. Tambahan masa aktif dari layanan Minta Pulsa sama seperti Transfer Pulsa.

Baca juga: Cara Cek Nomor Smartfren lewat SMS, Kode UMB, dan Aplikasi mySF

Hanya saja pelanggan sebagai penerima pulsa harus mengirim pesan permintaan transfer pulsa dulu ke pengirim pulsa lewat Smartfren.

Untuk cara minta pulsa Smartfren dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 879 dengan format “MINTA.<No_Donatur>.<nominal>”, tanpa tanda kutip.

Nominal pulsa yang bisa diminta penerima pulsa mulai dari Rp 1 hingga Rp 100.00, dengan biaya layanan Rp 200, namun jumlah pulsa yang akan diterima bergantung pada kesediaan dari pengirim pulsa.

2. Cara memperpanjang masa aktif kartu Smartfren dengan beli pulsa

Pelanggan dapat membeli pulsa untuk memperpanjang masa aktif, melalui berbagai platform, seperti toko fisik penjual pulsa, ATM, serta aplikasi MySmartfren.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com