Ini Dia 10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop Anda

Kompas.com - 22/03/2022, 14:45 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Laptop yang Anda gunakan tiba-tiba mengalami gangguan? Penyebabnya bisa karena sistem operasi atau software-nya dan justru rusak perangkat kerasnya. Hal ini terjadi bisa saja karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama ini tanpa disadari menjadi penyebabnya. 

Lantas apa saja kah itu? Berikut ini KompasTekno rangkum 10 kebiasaan buruk tanpa disadari yang dapat merusak laptop Anda.

1. Tidak pernah memuat ulang (restart) laptop Anda

Meskipun terlihat sepele, namun jangan sampai lupa untuk selalu melakukan restart pada laptop. Restart laptop berguna untuk menghapus cache RAM yang menumpuk selama Anda menggunakan perangkat tersebut.

Ketika cache RAM bersih, laptop kemungkinan besar akan lebih lancar saat digunakan. Kurangnya frekuensi melakukan restart pada laptop bisa jadi akan membuat perangkat Anda berjalan lebih lambat.

Maka dari itu lakukan restart setelah menggunakan laptop untuk menyegarkan sistem dan memecahkan bug.

2. Membuka terlalu banyak aplikasi

Kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan gangguan pada laptop Anda adalah membuka terlalu banyak aplikasi di desktop. Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya, aplikasi membutuhkan CPU dan RAM untuk menjalankannya.

Saat laptop Anda menagani berbagai aplikasi yang terbuka secara bersamaan, hal ini akan membuat sistem berjalan lebih lambat.

Tak hanya memperlambat kinerja, tapi juga berpotensi menyebabkan gangguan pada perangkat lunak. Maka dari itu jaga sistem laptop Anda dan cobalah tidak membuka terlalu banyak aplikasi pada laptop. 

Bagi pengguna Windows, Anda dapat memeriksa penggunaan CPU dan RAM dari folder Task Manager dan untuk pengguna Mac Anda dapat mengecek Activity Monitor.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

3. Meletakkan benda di atas keyboard

Salah satu kebiasaan buruk yang tanpa disadari merusak laptop adalah meletakkan berbagai barang - barang di atas keyboard seperti alat tulis atau buku kemudian langsung menutup layarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.