Kompas.com - 23/03/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan riset International Data Corporatin (IDC) menerbitkan laporan terbaru perusahaan terkait pasar smartphone di Indonesia untuk kuartal IV-2021.

Dalam laporan tersebut, IDC juga mengumumkan 5 vendor smartphone teratas di Tanah Air, berdasarkan jumlah pengiriman unit ponsel pada kuartal IV-2021 dan sepanjang tahun 2021.

5 besar vendor smartphone teratas berdasarkan hasil riset IDC kuartal IV-2021 yaitu Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi dan Realme.

Baca juga: 5 Besar Vendor PC Global 2021, Lenovo Teratas

Oppo tercatat bertahan pada posisi pertama sebagaimana kuartal sebelumnya (III-2021). Hal yang sama juga mampu dipertahankan Vivo, sehingga perusahaan tersebut kembali berada di posisi kedua.

Menurut IDC, pencapaian tersebut berhasil diraih Oppo dan Vivo karena kedua perusahaan mampu mempertahankan stabilitas pasokan.

"OPPO dan vivo berhasil mempertahankan posisi nomor 1 dan 2 mereka di 4Q21, melanjutkan keberhasilan mereka dari kuartal sebelumnya karena keduanya mampu mempertahankan stabilitas pasokan mereka," kata Vanessa Aurelia, Associate Market Analyst IDC Indonesia dikutip KompasTekno dari situs web perusahaan, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Riset IDC: Samsung Vendor Ponsel Nomor Satu Dunia 2021

Baik Oppo maupun Vivo diklaim memimpin pasar smartphone di Indonesia, khususnya untuk segmen low-end dan mid-range. Kedua segmen ini sendiri berkontribusi pada tiga perempat dari total pangsa pasar smartphone Indonesia kuartal IV-2021.

Pada kuartal tersebut, Oppo mengirimkan sekitar 2,1 juta unit smartphone dan meraih pangsa pasar 20 persen. Selisih tipis dengan Oppo, Vivo memiliki pangsa pasar 19,6 persen dengan total pengiriman smartphone sekitar 2 juta unit sepanjang kuartal IV-2022.

Posisi ketiga ditempati oleh Samsung dengan pangsa pasar 18,9 persen dan jumlah pengiriman smartphone 1,9 juta unit.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal III-2021, Oppo Salip Xiaomi

Posisi Samsung sendiri tercatat meningkat dibanding kuartal sebelumnya yang berada di posisi keempat. Menurut IDC, pencapaian ini berasal dari lini Galaxy A yang populer, utamanya Galaxy A03 dan A12.

Halaman:
Sumber IDC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.