Google Singkirkan Semua Patung Android dari Kantor Pusatnya

Kompas.com - Diperbarui 24/03/2022, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, pengunjung yang bertandang ke kantor pusat (headquarters) Google di Mountain View, California, Amerika Serikat, biasanya dapat berfoto ria dengan patung-patung Android yang ikonik.

Mulai dari patung Android hijau dengan hiasan oreo, lollipop, hingga pie.

Namun, kini, hal tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan. Pasalnya, Google telah menyingkirkan semua patung-patung Android itu dari salah satu taman yang ada di Googleplex, kompleks kantor pusatnya.

Kabar ini semula diketahui dari berbagai kesaksian pengunjung yang mendatangi headquarters Google belum lama ini. Dalam ulasan di Google Maps, pengunjung mengatakan bahwa seluruh patung Android sudah tidak ada lagi di tempat biasanya.

Pengulas lain menggambarkan, bahwa taman yang biasa dihiasi patung-patung Android itu, kini, tinggal sepetak tanah yang tandus.

Ada 18 patung yang disingkirkan

Total ada 18 patung Android yang disingkirkan oleh Google dari markasnya. Seluruh patung Android itu sedianya berbentuk makanan manis atau makanan penutup (dessert), yang mewakili nama kode resmi untuk sistem operasi (OS) Android bikinan Google.

Google memang menggunakan nama makanan manis untuk OS Android sejak merilis Android 3 atau versi 1.5 (2009), dengan nama Cupcake. Mekanisme penamaan OS Android dengan kode nama dessert setelahnya pun dibuat berurutan sesuai dengan abjad.

Tercatat, Google pernah menggunakan sederet nama makanan manis atau dessert sebagai nama OS-nya. Mulai dari Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice cream sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Patung Android Orea di depan kantor pusat Google di Mountain View, California, AS.9to5Google Patung Android Orea di depan kantor pusat Google di Mountain View, California, AS.

Baca juga: Sejarah Android, dari Ditolak Samsung hingga Dibeli Google

Nah, setiap OS Android tersebut diluncurkan ke publik, Google akan menambah patung Android yang sesuai dengan nama kodenya. Misalnya, ketika merilis Android 8 dengan code name Oreo pada 2017, Google lantas membuat patung Android Oreo.

Begitu pula ketika meluncurkan Android 9 dengan nama kode Pie pada 2018, Google juga mendirikan patung Android Pie.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.