WhatsApp Siapkan Fitur Ganti Bahasa dalam Aplikasi

Kompas.com - 23/03/2022, 10:07 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp bakal memberi kemudahan untuk mengganti bahasa dalam aplikasi sesuai keinginan pengguna. Kemampuan baru tersebut terendus dari aplikasi versi beta yang baru disebar untuk sejumlah pengguna tertentu.

Menurut WAbetainfo, aplikasi beta teranyar WhatsApp (versi 2.22.8.3) itu memungkinkan pengguna mengganti bahasa yang sebelumnya diatur sesuai pengaturan perangkat, menjadi bahasa lainnya.

Saat ini, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia pada sistem smartphone, maka bahasa yang sama juga akan diterapkan otomatis pada WhatsApp.

Begitu pula ketika Anda menggunakan bahasa Inggris pada sistem ponsel, maka WhatsApp yang Anda pasang pada ponsel yang sama, akan memakai bahasa Inggris.

Dengan pembaruan kali ini, pengguna dapat mengubah bahasa aplikasi WhatsApp secara manual, terlepas dari bahasa yang digunakan pada sistem perangkat.

Ketika fitur itu diaktifkan, pengguna akan mendapatkan berbagai bahasa, sesuai dengan jumlah negara yang mendukung WhatsApp (lebih dari 60 bahasa).

Baca juga: 5 Cara Membuat WhatsApp Terlihat Offline padahal Sedang Online, Coba Trik Ini Saat Cuti

Dalam gambar tangkapan layar yang dibagikan oleh WAbetainfo, opsi untuk mengubah bahasa aplikasi tersedia secara terpisah, bukan di dalam daftar opsi lainnya.

Jika Anda membuka menu Pengaturan/Setting, Anda akan mendapati opsi "App Language". Dengan menekan opsi tersebut, pengguna akan melihat daftar bahasa yang didukung, seperti bahasa Inggris, Afrika, Arab dan lainnya.

Tangkapan layar uji coba fitur ganti bahasa aplikasi WhatsAppWABetaInfo Tangkapan layar uji coba fitur ganti bahasa aplikasi WhatsApp

Namun fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna, melainkan terbatas pada sejumlah pengguna yang terdaftar sebagai beta user. Belum diketahui kapan fitur ganti bahasa WhatsApp akan tersedia bagi semua pengguna secara global.

Baca juga: 2 Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Sekaligus di PC dengan Mudah

Selain fitur ganti bahasa aplikasi, WhatsApp juga menghadirkan fitur reaksi pesan pada aplikasinya versi beta 2.22.8.3. Fitur ini diuji pada secara terbatas pada sejumlah pengguna beta.

Untuk saat ini, tersedia beberapa emoji yang mewakili reaksi pengguna pada pesan tertentu, yaitu jempol, hati, tertawa, emoji kaget, sedih dan terima kasih.

Namun, karena pengujian ini secara terbatas, tidak semua pengguna beta juga beruntung mendapatkan fitur reaksi pesan maupun ganti bahasa aplikasi WhatsApp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.