Kompas.com - 23/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Tampaknya tidak ada pengguna handphone (HP) dengan sistem operasi Android yang menyukai apabila gawainya menjadi lemot. Penyebab HP Android lemot bisa ditimbulkan dari beberapa hal, salah satunya bisa dikarenakan penggunaan aplikasi tertentu.

Aplikasi-aplikasi tertentu yang dipasang dan berjalan di HP Android, kadang kala bisa membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Aplikasi tersebut biasanya bakal berjalan di latar belakang dan cukup menghabiskan memori ponsel.

Ponsel yang tidak banyak memiliki sisa memori bakal mengalami kesusahan untuk menjalankan aplikasi atau program yang ada di dalamnya. Saat memori sebagai tempat untuk memproses perintah itu telah penuh maka kinerja HP Android bisa jadi lemot.

Baca juga: 5 Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone

Adapun aplikasi yang jadi penyebab HP Android lemot ini sebenarnya kerap dijumpai dan mungkin telah dipakai pengguna. Kadang pengguna bisa saja tidak sadar telah mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di ponselnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan 4 aplikasi yang bikin HP Android lemot, sebagaimana dilansir dari Makeuseof.

1. Aplikasi bawaan

Saat pertama kali membeli atau mengaktifkan HP Android, pengguna bakal disajikan dengan deretan aplikasi bawaan ponsel yang sudah terinstal secara otomatis.

Misalnya pada HP Android keluaran Samsung, terdapat beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstal sebelumnya, seperti Flipboard, Samsung Push Service, Samsung Link, Bixby Apps, Galaxy Themes, dan masih banyak lagi.

Aplikasi bawaan tersebut biasanya juga kerap disebut dengan istilah bloatware atau aplikasi yang sekedar membuat memori ponsel penuh, tapi minim atau tidak banyak memberikan kegunaan pada ponsel.

Bloatware tersebut kadang telah berjalan di latar belakang secara tiba-tiba, meski pun pengguna tidak sering menggunakannya atau bahkan tidak pernah menggunakannya sama sekali.

Aplikasi bloatware semacam itu kadang ada yang bisa dihapus sepenuhnya dari ponsel dan ada juga yang tidak bisa dihapus, melainkan hanya bisa dilepas pemasangannya atau dinonaktifkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.