Kompas.com - 23/03/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Jika disuruh membayangkan dan mendeskripsikan logo burung biru, bagi sebagian kalangan mungkin bakal langsung mudah menjawab bahwa itu adalah logo dari platform media sosial Twitter.

Ya, logo burung biru tampaknya sudah sangat lekat dengan Twitter bagi beberapa pengguna. Sejak awal peluncuran Twitter pada tahun 2006, platform ini memang telah mengusung logo burung dengan warna biru.

Logo burung yang dipakai Twitter saat ini telah mengalami sejumlah perubahan sejak awal peluncurannya. Logo burung yang pertama kali digunakan Twitter dibuat oleh desainer asal Inggris bernama Simon Oxley.

Baca juga: Tahukah Mengapa Trending Topic Identik dengan Hashtag?

Pihak Twitter kala itu membeli logo yang dibuat Simon Oxley melalui platform iStock dengan harga sekitar 15 dollar AS (Rp 215.000 jika menggunakan nilai kurs saat ini). Logo burung yang dibuat Simon tampak jauh berbeda dengan yang dipakai Twitter sekarang.

Logo burung tersebut terlihat lebih ramping, memiliki kaki, titik kecil warna putih sebagai mata, dan paruh menghadap ke kiri. Twitter tidak begitu lama memakai logo dari Simon karena perusahaan melarang menggunakan gambar yang berasal dari iStock.

Logo burung Twitter terus mengalami perubahan hingga terakhir tahun 2012, yang akhirnya dipakai sampai saat ini. Logo Twitter yang dirilis tahun 2012 itu didesain oleh Creative Director Twitter kala itu, yakni Doug Bowman.

Pada cuitan akun dengan handle @TwitterAU tersebut nampak bagaimana perubahan logo Twitter dari waktu ke waktu. Logo terakhir yang muncul pada unggahan itulah yang didesain oleh Doug Bowman.

Logo Twitter yang dibuat Doug Bowman terlihat lebih sederhana dengan siluet burung berwarna biru. Logo Twitter saat ini secara mendasar punya dua bentuk, yakni burung warna putih dengan latar biru dan burung warna biru dengan latar putih.

Kendati desain logo Twitter mengalami perubahan, namun warna dasarnya tetap mengandung unsur biru. Sebelum logo dari Doug Bowman rilis, burung biru Twitter itu memiliki nama khusus.

Nama burung yang jadi logo Twitter itu adalah Larry Bird. Nama tersebut dipilih karena salah satu pendiri Twitter, Biz Stone, merupakan penggemar pemain basket dari tim Boston Celtics yang bernama Larry Bird, sebagaimana dilansir New York Times.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.