Kompas.com - 23/03/2022, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik selama ajang balap MotoGP yang digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menurut Telkomsel, total payload trafik komunikasi layanan broadband Telkomsel mencapai lebih dari 297 TB. Angka tersebut melonjak 96 persen dibanding hari biasa.

Layanan data jaringan 5G Telkomsel juga tercatat mengalami lonjakan. Bahkan, kenaikan trafik payload jaringan generasi kelima ini mencapai lebih dari 7815 persen.

Di Lombok, Telkomsel menggelar 5G di dua lokasi. Pertama adalah di Bandar Udara Internasional Lombok, juga dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Kedua adalah di sirkuit Mandalika.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Bandara Lombok

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, mengatakan bahwa Telkomsel melakukan optimasi jaringan broadband melalui penguatan 382 unit BTS 4G dan tambahan 16 Unit BTS 5G.

"Kami mengapresiasi seluruh dukungan para pemangku kepentingan, terutama masyarakat di Nusa Tenggara Barat," ungkap Nugroho, melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (23/2/2022).

"Sehingga Telkomsel dapat memberi layanan terdepan yang dapat semakin #BukaSemuaPeluang kemajuand dan menguatkan komitmen melanjutkan percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat," lanjut Nugroho.

Telkomsel juga mencatat, di wilayah Kabupaten Lombok Tengah tempat MotoGP digelar, jumlah kunjungan pelanggan dari berbagai daerah ke wilayah tersebut naik lebih dari 27 persen.

Secara keseluruhan, jumlah kunjungan pelanggan dari wilayah lain ke Lombok meningkat 11 persen.

Kartu Telkomsel Prabayar Tourist laris manis

Dalam keterangan yang sama, Telkomsel juga mengatakan bahwa kartu prabayar khusus untuk wisatawan mancanegara, laris terjual.

Angka penjualan kartu itu disebut turut mendorong pertumbuhan jumlah pengguna layanan 4G di sana mencapai lebih dari 123 persen. Sedangkan pengguna layanan 5G Telkomsel naik hingga 3900 persen.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Nugroho juga mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan penguatan infrastruktur dan teknologi jaringan pasca-gelaran MotoGP 2022, terutama di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Kami sangat antusias untuk terus menghadirkan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Barat, agar dapat terus bangkit mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan," ungkap Nugroho.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.