Kompas.com - Diperbarui 25/03/2022, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Harga minyak goreng saat ini masih belum stabil. Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Perdagangan telah menetapkan peraturan HET (Harga Eceran Tertinggi) minyak goreng sebesar Rp 11.500 hingga Rp 14.000 per liter.

Kini, peraturan HET minyak goreng telah dicabut dan akhirnya berimbas pada kenaikan harga bahan pokok tersebut di pasaran. Sementara itu, pemantauan harga minyak goreng hari ini bisa memanfaatkan layanan dari beberapa situs dan aplikasi.

Baca juga: Cara Cek Jadwal KRL Jogja-Solo di 11 Stasiun yang Dilewati via Aplikasi KRL Access

Untuk lebih lengkapnya, berikut lima daftar situs dan aplikasi untuk cek harga minyak goreng dan sembako lainnya:

1. SP2KP

Ilustrasi tampilan website SK2P untuk memantau harga minyak dan sembako lainnyaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi tampilan website SK2P untuk memantau harga minyak dan sembako lainnya

SP2KP atau singkatan dari Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok, merupakan website pusat informasi mengenai harga pangan yang digagas oleh Kementerian Perdagangan.

Masyarakat dapat cek harga minyak goreng dan sembako lainnya melalui situs SP2KP. Situs SP2KP setidaknya memuat informasi terkait harga sembako yang terus diperbarui setiap harinya.

Cara mengetahui harga sembako setiap hari lewat situs SP2KP bisa dilakukan dengan mengakses laman ini https://ews.kemendag.go.id, lewat browser di laptop atau ponsel.

Pada tampilan halaman awal situs, masyarakat bisa memantau harga sembako tertentu dengan memilih nama barangnya di kolom “Komoditas”. Kemudian, situs bakal menampilkan peta perbedaan harga barang tersebut di sejumlah provinsi Indonesia.

Di samping peta tersebut, terdapat bagan yang memuat harga rata-rata sembako dalam skala nasional, termasuk harga minyak goreng.

Terpantau dalam bagan itu, harga minyak goreng 1 liter untuk jenis curah saat ini berada pada angka Rp 17.900. Sementara untuk jenis kemasan sederhana dan kemasan premium, masing-masing berada pada angka Rp 21.800 dan Rp 25.000.

2. PIHPS Nasional

Ilustrasi cara cek harga minyak goreng lewat website PIHPSKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek harga minyak goreng lewat website PIHPS

Cek harga minyak goreng dan sembako lainnya bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan situs website harga pangan PIHPS Nasional.

PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis ) Nasional merupakan website harga pangan yang digagas oleh Bank Indonesia. Sama halnya dengan SP2KP, website harga pangan ini juga bisa menampilkan harga sembako terbaru.

Pemantauan harga sembako terbaru lewat PIHPS Nasional bisa dilakukan dengan mengakses laman ini https://hargapangan.id. Di halaman awal laman tersebut, masyarakat bakal ditampilkan dengan peta harga pangan di setiap provinsi Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.