Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siaran Digital KompasTV Versi HD Sudah Bisa Dinikmati di 3 Kota Ini

Kompas.com - 24/03/2022, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peralihan dari TV Analog ke siaran TV digital, alias Analog Switch Off (ASO) bakal memasuki tahap pertama pada 30 April 2022 mendatang.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, KompasTV mulai pekan ini bakal menghadirkan siaran TV digital berformat high definition (HD) di tiga kota di Indonesia, yaitu Banjarmasin, Palembang, dan Lampung.

Nantinya per akhir Maret 2022, siaran digital KompasTV versi HD juga dijadwalkan bakal hadir di beberapa kota lainnya di Indonesia.

Di antaranya seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Jember, Yogyakarta, Malang, Semarang, Kediri, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Bali, Makassar, hingga Manado.

Baca juga: Catat, Jadwal Migrasi TV Analog ke Digital Mulai April hingga November 2022

KompasTV mengatakan pihaknya bakal menghadirkan siaran TV digital berformat HD di kota-kota lainnya yang tidak disebutkan di atas dalam beberapa waktu ke depan.

Adapun siaran TV digital berformat HD dari KompasTV bisa dinikmati secara gratis melalui penyelenggara multipleksing (MUX) dari keempat provider berikut:

  • SCM: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Jember, Aceh, Yogyakarta, Bengkulu, Purworejo, Banjarmasin, Sukabumi, Malang, Palu, Kendari, Semarang, Madiun, Kediri, Tegal, Pontianak, Balikpapan, dan Samarinda
  • NTV: Lampung
  • MNC: Bangka
  • TVRI: Pekanbaru, Jambi, Bali, Kupang, Makassar, Manado, Gorontalo, Ambon, Sorong, dan Merauke.

Kehadiran siaran TV digital berformat HD sendiri sejalan dengan langkah pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Siaran Digital KompasTV Bisa Disaksikan Kembali di Bandung, Surabaya, dan Medan

"Dengan digitalisasi penyiaran akan bisa menjadikan masyarakat mendapatkan layanan siaran televisi yang lebih baik. Sekali lagi televisi digital indonesia lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih," ujar Menteri Kominfo Johnny Plate dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (24/3/2022).

Informasi lebih lanjut terkait kabar terkini mengenai siaran TV digital yang dihadirkan KompasTV dapat dilihat di akun media sosial KompasTV dan laman www.kompas.tv.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com