Siaran Digital KompasTV Versi HD Sudah Bisa Dinikmati di 3 Kota Ini

Kompas.com - 24/03/2022, 10:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Peralihan dari TV Analog ke siaran TV digital, alias Analog Switch Off (ASO) bakal memasuki tahap pertama pada 30 April 2022 mendatang.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, KompasTV mulai pekan ini bakal menghadirkan siaran TV digital berformat high definition (HD) di tiga kota di Indonesia, yaitu Banjarmasin, Palembang, dan Lampung.

Nantinya per akhir Maret 2022, siaran digital KompasTV versi HD juga dijadwalkan bakal hadir di beberapa kota lainnya di Indonesia.

Di antaranya seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Jember, Yogyakarta, Malang, Semarang, Kediri, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Bali, Makassar, hingga Manado.

Baca juga: Catat, Jadwal Migrasi TV Analog ke Digital Mulai April hingga November 2022

KompasTV mengatakan pihaknya bakal menghadirkan siaran TV digital berformat HD di kota-kota lainnya yang tidak disebutkan di atas dalam beberapa waktu ke depan.

Adapun siaran TV digital berformat HD dari KompasTV bisa dinikmati secara gratis melalui penyelenggara multipleksing (MUX) dari keempat provider berikut:

  • SCM: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Jember, Aceh, Yogyakarta, Bengkulu, Purworejo, Banjarmasin, Sukabumi, Malang, Palu, Kendari, Semarang, Madiun, Kediri, Tegal, Pontianak, Balikpapan, dan Samarinda
  • NTV: Lampung
  • MNC: Bangka
  • TVRI: Pekanbaru, Jambi, Bali, Kupang, Makassar, Manado, Gorontalo, Ambon, Sorong, dan Merauke.

Kehadiran siaran TV digital berformat HD sendiri sejalan dengan langkah pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Siaran Digital KompasTV Bisa Disaksikan Kembali di Bandung, Surabaya, dan Medan

"Dengan digitalisasi penyiaran akan bisa menjadikan masyarakat mendapatkan layanan siaran televisi yang lebih baik. Sekali lagi televisi digital indonesia lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih," ujar Menteri Kominfo Johnny Plate dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (24/3/2022).

Informasi lebih lanjut terkait kabar terkini mengenai siaran TV digital yang dihadirkan KompasTV dapat dilihat di akun media sosial KompasTV dan laman www.kompas.tv.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.