Cara Mengembalikan Akun Twitter yang Kena Suspend

Kompas.com - 24/03/2022, 14:45 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Akun pengguna Twitter yang melanggar aturan, bisa kena suspend atau ditangguhkan. Jika sudah kena suspend, akun tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Akun yang kena suspend atau ditangguhkan, bisa dikembalikan agar dapat digunakan secara normal.

Caranya, pengguna cukup mengontak pihak Twitter melalui halaman khusus dan mengisi formulir permintaan.

Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara mengembalikan akun Twitter yang kena suspend, ada baiknya pengguna mengetahui penyebab akun Twitter di-suspend.

Baca juga: Apa Itu Tinder Swindler yang Ramai di Twitter?

Spam

Pihak Twitter bisa jadi mendeteksi akun tersebut merupakan akun spam, palsu , dan dapat menimbulkan risiko keamanan untuk Twitter dan semua pengguna Twitter. Akun Twitter yang terkena suspend ini dinilai telah melanggar ketentuan dan peraturan Twitter.

Cuitan yang bersifat menghina

Twitter dapat menangguhkan akun yang dilaporkan melanggar ketentuan dan peraturan seputar penyalahgunaan.

Akun yang terbukti telah terlibat penyalahgunaan seperti menghina, mengirim ancaman ke pengguna lain, akun tersebut akan terkena suspend bahkan berpotensi ditangguhkan secara permanen untuk beberapa kasus tertentu.

Akun Twitter yang diretas

Twitter juga dapat mendeteksi akun pengguna yang telah diretas atau disalahgunakan. Maka dari itu, akun yang telah terdeteksi diretas secara otomatis akan ditangguhkan oleh Twitter.

Hal ini berguna agar mengurangi kemungkinan aktivitas penyalahgunaan yang disebabkan oleh hacker.

Baca juga: Cara Ganti Linimasa Twitter Sesuai Keinginan

Cara mengembalikan akun Twitter yang ke suspend

Jika akun Twitter telah ditangguhkan atau kena suspend, Anda dapat meminta pembatalan penangguhan tersebut dengan cara login ke akun Twitter.

Kemudian pengguna akan diminta memverifikasi nomor ponsel atau mengonfirmasikan alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar Twitter. Setelah itu ikuti instruksi selanjutnya hingga penangguhan akun Anda dibatalkan.

Mengajukan pengembalian akun Twitter

cara mengembalikan akun twitter ke suspendKompas.com/soffyaranti cara mengembalikan akun twitter ke suspend
Anda juga dapat mengajukan pengembalian akun Twitter yang kena suspend melalui laman berikut ini. Adapun caranya:

  • Kunjungi situs berikut ini
  • Nantinya halaman akan menampilkan form untuk mengisi data akun Twitter Anda berupa e-mail, nama lengkap, nama pengguna, nomor telepon, dan deskripsi masalah yang dapat diuraikan mengapa akun Twitter Anda tidak melanggar peraturan.
  • Setelah selesai mengisi data dan menguraikan masalah akun tersuspend,  klik kirim
  • Twitter akan memproses laporan Anda selama satu kali dalam 24 jam

Jika pengembalian akun Twitter yang ditangguhkan telah disetujui, maka akun Twitter akan kembali seperti semula dan dapat digunakan kembali. Itulah dua cara mengembalikan akun Twitter yang ke suspend. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.