Warga Rusia Tak Bisa Lagi Baca Berita dari Google News

Kompas.com - 25/03/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah jejaring sosial Facebook dan Instagram, kini, pemerintah Rusia turut memblokir layanan Google News di negaranya. Pemblokiran ini membuat warga Rusia tidak bisa membaca berita yang disajikan Google News.

Google News sendiri adalah agregator berita yang dimiliki Google. Di URL news.google.com, pengguna mesin pencarian raksasa Google sedianya bisa dengan mudah membaca berbagai artikel berita dari berbagai situs berita di seluruh dunia.

Google News juga bisa diakses langsung lewat aplikasi Google yang terinstal di ponsel Android atau iOS.

Berdasarkan informasi yang disampaikan kantor berita Rusia Interfax, Rusia menilai bahwa Google News sudah menjadi tempat berkumpulnya berita-berita yang tidak autentik alias tidak dapat dipercaya.

Baca juga: Rusia Resmi Blokir Facebook dan Instagram, Sebut Meta Lakukan Aktivitas Ekstrem

Khususnya untuk pemberitaan yang berkaitan dengan militer Rusia dan aktivitas operasi militer yang tengah dilakukan di wilayah Ukraina.

"Sumber berita online Amerika yang bersangkutan menyediakan akses ke berbagai publikasi dan materi yang berisi informasi yang tidak autentik dan penting bagi publik tentang jalannya operasi militer khusus di wilayah Ukraina," tulis Interfax mengutip keputusan regulator di Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengonfirmasi bahwa sejumlah warga Rusia sudah kesulitan mengakses berita dari layanan Google News.

"Kami telah mengonfirmasi bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan situs web Google News di Rusia dan ini bukan karena masalah teknis di pihak kami," kata Google dalam pernyataannya.

Baca juga: Instagram dan Facebook Diblokir tapi WhatsApp Tidak, Rusia Tidak Berani?

"Kami telah bekerja keras untuk menjaga agar layanan informasi seperti Google News dapat diakses oleh orang-orang di Rusia selama mungkin," lanjut pernyataan Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Jumat (25/3/2022).

Google sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana kondisi operasional dari mesin pencarian Google Search di Rusia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.