Percakapan di DM Twitter Kini Bisa Lebih Mudah Dicari

Kompas.com - 25/03/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Twitter menghadirkan pembaruan yang akan memudahkan pengguna mencari percakapan di  pesan langsung/Direct Message (DM). Kini pengguna dapat mencari percakapan spesifik di DM dengan memasukkan kata kunci topik tertentu atau nama pengguna atau nama grup.

Pembaruan ini diumumkan Twitter melalui akun dengan handle @TwitterSupport. Dalam pengumumannya, platform mikroblogging itu mengatakan bahwa fitur pencarian percakapan spesifik di DM ini sudah lama dinantikan penggunanya.

Baca juga: Arti Kata Fafifu Wasweswos yang Ramai di Twitter dan TikTok

"Kami menyadari bahwa Anda sudah menantikan opsi untuk mencari DM... Kini Anda dapat menggunakan kolom pencarian di DM Twitter untuk menemukan pesan yang spesifik, menggunakan kata kunci dan nama," demikian kata Twitter mengumumkan opsi baru itu.

Selama ini, pengguna Twitter harus menggulir layar untuk mencari percakapan spesifik yang mereka butuhkan. Hal ini tentu memakan waktu dan kurang efisien.

Kolom pencarian sendiri sejatinya sudah tersedia, tapi pengguna hanya bisa mencari berdasarkan nama atau grup obrolan, bukan jenis topiknya.

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun Twitter yang Kena Suspend

Misalnya ketika Anda pernah membahas tentang smartphone dengan teman di Twitter dan ingin melihatnya kembali, Anda dapat menggunakan kata kunci "smartphone" untuk menemukan percakapan terkait.

Caranya dengan memasukkan kata kunci tersebut pada kolom pencarian DM, sehingga Twitter menampilkan daftar obrolan yang memuat kata kunci tersebut. Caranya kurang lebih seperti mencari topik percakapan di WhatsApp.

Pembaruan ini sendiri tidak serta merta menghilangkan opsi untuk mencari obrolan berdasarkan nama pengguna lain yang diajak berbincang di DM Twitter atau grup obrolan. Kedua opsi itu masih tersedia dan dapat digunakan seperti biasanya.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (24/3/2022), pengguna bahkan dapat memilih apakah ingin mendapati hasil pencarian berdasarkan orang, grup atau isi pesannya.

Opsi baru ini akan tersedia untuk Twitter versi web, iOS dan Android. Namun pantauan KompasTekno, opsi itu belum tersedia di Indonesia.

Baca juga: Apa Nama Burung yang Jadi Logo Twitter?

Meski memungkinkan pengguna mencari pesan yang spesifik, opsi pencarian ini tidak akan menampilkan semua pesan yang sesuai dari total daftar obrolan pengguna.

Pesan dari obrolan yang lawas tampaknya tidak akan ditampilkan meskipun memuat kata kunci yang digunakan pada kolom pencarian.

Hasil yang sama juga berlaku untuk pencarian orang berdasarkan nama orang atau grup obrolan yang dinilai lawas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.