Kompas.com - 25/03/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi jalur UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2022 telah dibuka.

Bagi siswa SMA lulusan tahun 2022, 2021, dan 2020, yang telah melakukan proses simpan permanen akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguran Tinggi), saat ini sudah bisa mulai mendaftarkan diri sebagai peserta UTBK-SBMPTN 2022.

Pendaftaran UTBK-SNMPTN 2022 dapat dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Kemudian, setelah selesai melakukan konfirmasi pengisian biodata, peserta harus membayar biaya pendaftaran agar mendapat kartu peserta. 

Baca juga: Pendaftaran SBMPTN 2022 Dibuka Hari Ini, Berikut Cara Daftar, Syarat, Biaya, dan Jadwalnya

Biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN berbeda-beda sesuai dengan kelompok ujian yang diambil. Berikut rincian biaya pendaftaran SBMPTN 2022 untuk masing-masing kelompok ujian:

  • Kelompok ujian Saintek: Rp 200.000
  • Kelompok ujian Soshum: Rp 200.000
  • Kelompok ujian campuran (Saintek+Soshum): Rp 300.000

Bagi peserta yang tidak terdaftar dalam program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, wajib membayar biaya pendaftaran tersebut. Opsi pembayaran biaya pendaftaran ini bisa dijumpai ketika siswa telah melakukan pengunduhan slip bayar.

Setelah mendapatkan slip bayar, siswa diminta untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, menggunakan kode pembayaran yang tertera di slip tersebut.

Ada pun biaya pendaftaran tersebut bisa dibayarkan melalui layanan yang disediakan oleh bank Mandiri, BTN, BRI, dan BNI. Cara pembayaran UTBK-SBMPTN 2022 ini cukup mudah, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara pembayaran UTBK-SBMPTN 2022

Bank Mandiri

Pembayaran biaya UTBK-SBMPTN 2022 lewat Bank Mandiri dapat dilakukan lewat beberapa saluran Mandiri ATM, aplikasi Livin’ by Mandiri, website Livin’ by Mandiri, dan SMS Banking, berikut penjelasannya.

1. ATM Mandiri

  • Setelah memasukkan pin ATM, pilih menu "Bayar" kemudian pilih menu "Pendidikan."
  • Masukkan kode institusi UTBK LTMPT 2022, yaitu 10000.
  • Masukkan Kode Bayar (8 digit angka) dan NISN (10 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran.
  • Pilih item pembayaran UTBK LTMPT 2022, ketik nomor urut 1 yang ada di bagian kiri. Jika sudah benar, pilih "Ya"
  • Pada menu Konfirmasi Pembayaran, cek kembali detail pembayaran (terutama Kode Bayar dan NISN), bila sudah benar pilih "Ya"
  • Pastikan muncul tulisan "Transaksi Sukses" pada layar dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran.

2. Aplikasi Livin’ by Mandiri

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.