Kompas.com - 25/03/2022, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel bakal mematikan jaringan 3G-nya pada tahun ini. Seiring dengan pensiunnya jaringan tersebut pada BTS milik perusahaan, Telkomsel mengumumkan rencana migrasi jaringan 3G ke 4G LTE.

Proses upgrade atau peningkatan jaringan 3G ke 4G LTE akan dimulai Telkomsel pada Maret ini.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (25/3/2022), secara total Telkomsel akan meng-upgrade jaringan 3G ke 4G LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun 2022.

Proses upgrade jaringan itu akan dilakukan secara berkala. Adapun untuk tahap awal, proses upgrade jaringan 3G ke 4G LTE Telkomsel akan dilakukan bulan Maret hingga Mei 2022 di 90 kota/kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Baca juga: Cara Telepon dan SMS ke Sesama Telkomsel, Tanpa Pulsa

“Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, dan ditargetkan selesai pada Mei 2022 sebelum kemudian dilanjutkan pada upgrade tahap kedua," kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Upgrade jaringan 3G ke 4G LTE pada tahap kedua, dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten.

Selanjutnya, Telkomsel juga akan melakukan migrasi 3G ke 4G LTE di 178 kota/kabupaten pada Agustus - Oktober 2022, dan di 104 kota/kabupaten pada bulan November sampai Desember 2022.

Persiapan teknis hingga sosialisasi

Guna memastikan migrasi 3G ke 4G LTE berjalan lancar tanpa mengganggu kenyamanan pelanggan, Telkomsel mengeklaim telah menyiapkan sejumlah rencana, mulai dari persiapan teknis, sosialisasi ke pelanggan hingga tahapan mitigasi secara optimal.

Seiring proses upgrade berlangsung, Telkomsel juga akan melakukan pengkajian guna memastikan proses pelaksanaan baik secara teknis maupun kesiapan ekosistem penggunaan di tingkat pelanggan berjalan dengan lancar.

Penggunaan jaringan 4G sendiri mengharuskan pelanggan untuk upgrade kartu SIM 3G ke 4G. Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke SIM 4G, bisa mengecek ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.