Kompas.com - 26/03/2022, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi baru-baru ini merilis laporan keuangannya untuk tahun fiskal 2021. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa total pengiriman (shipment) ponsel Xiaomi di seluruh dunia menyentuh angka 190 juta unit.

Angka tersebut meningkat 30 persen dibanding total shipment ponsel Xiaomi secara global pada tahun sebelumnya (2020) yang mencapai 146 juta unit.

Dari angka 190 juta unit smartphone tadi, sekitar 24 juta unit diklaim berasal dari kategori smartphone kelas atas, alias flagship atau premium. Angka pengiriman ponsel premium ini meningkat 160 persen dibanding periode sebelumnya.

Terlepas dari pengiriman smartphone, secara keseluruhan, pendapatan Xiaomi pada 2021 tercatat di angka 328 miliar yuan (sekitar Rp 738 triliun), meningkat 33,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Dapat Update MIUI 13, Cara Cek dan Download

Dari total pendapatan tersebut, segmen smartphone sendiri disebut menyumbang total pendapatan terbesar dengan 208 miliar yuan (sekitar Rp 468 triliun), meningkat 37,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu apabila melihat dari wilayah yang menyumbang pendapatan terbanyak, pasar Xiaomi di luar China diklaim menyumbang pendapatan terbanyak dengan angka 163 miliar yuan (sekitar Rp 367 triliun), meningkat 33,7 persen dibanding tahun sebelumnya.

Di segmen perangkat atau perabot pintar (AI), pendapatan Xiaomi juga dikatakan meningkat 26,1 persen ke angka 85 miliar yuan (sekitar Rp 191 triliun).

Baca juga: Kecepatan 5G Ponsel Xiaomi Ini Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Kemudian di segmen layanan internet, Xiaomi tercatat meraup pendapatan sekitar 28 miliar yuan (sekitar Rp 63 triliun), meningkat 18,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

Selain total pengiriman ponsel dan pendapatan, Xiaomi juga melaporkan jumlah pengguna  aktif bulanan (monthly active users/MAUs) MIUI yang ada di seluruh dunia, sepanjang 2021.

Mereka mengeklaim bahwa jumlah pengguna aktif bulanan Xiaomi di 2021 menyentuh angka 509 juta pengguna, meningkat 28,4 persen dibanding periode sebelumnya, dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (26/3/2022).

Informasi selengkapnya mengenai performa bisnis Xiaomi secara global di 2021 bisa disimak di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.