Cara Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat Agar Bisa Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/03/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memastikan masyarakat diperbolehkan untuk mudik Lebaran tahun 2022. Namun, mudik lebaran hanya berlaku bagi masyarakat yang telah divaksin lengkap dan mendapat booster atau vaksinasi ketiga.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan," kata Jokowi dalam konferensi pers daring, Rabu (23/3/2022).

"Dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Online lewat Aplikasi dan Situs PeduliLindungi

Adapun bagi masyarakat yang ingin melaksankan vaksin booster dapat mengecek lokasi vaksin terdekat secara online.

Cara cek lokasi vaksin booster dapat dilakukan melalui Google Maps dan situs resmi pemerintah di alamat corona.jakarta.go.id khusus untuk warga yang berdomisili DKI Jakarta.

Knedati demikian, warna non-KTP Jakarta yang berdomisili di Jakarta tetap bisa mengecek dan melakukan vaksinasi lewat situs tersebut. Bagaimana cara cek lokasi vaksin booster terdekat? Berikut ini langkah - langkahnya.

Baca juga: Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster di PeduliLindungi

Cara cek lokasi vaksin booster lewat Google Maps

cara cek vaksin via google mapsKompas.com/soffyaranti cara cek vaksin via google maps

  • Buka Google Maps melalui situs website atau aplikasi yang sudah terinstal di ponsel. Apabila belum ada, bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store. Namun, aplikasi Google Maps biasanya sudah terpasang secara bawaan di smartphone Android.
  • Ketikkan kata kunci “lokasi vaksin Covid terdekat” atau “lokasi vaksin terdekat dari lokasi saya” di kolom pencarian
  • Google Maps akan secara ototmatis menampilkan beberapa pilihan lokasi vaksin Covid terdekat
  • Terakhir, pengguna dapat memilih lokasi vaksin terdekat untuk melakukan vaksin booster
  • Dari sini, Anda bisa menghubungi nomor lembaga atau faskes penyelenggara vaksin yang biasanya ada di deskripsi Google Maps. Jika tidak menemukannya, Anda bisa mencari akun media sosial lembaga atau faskes tersebut untuk menanyakan pendaftaran vaksin

Baca juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin lewat HP Android, iPhone, dan Tanpa Aplikasi

Cara cek vaksin booster lewat situs corona.jakarta.go.id

Tangkapan layar situs https://corona.jakarta.go.id/ yang bisa digunakan untuk mengecek lokasi vaksin terdekat.Jakarta Smart City/corona.jakarta.go.id Tangkapan layar situs https://corona.jakarta.go.id/ yang bisa digunakan untuk mengecek lokasi vaksin terdekat.

  • Buka situs https://corona.jakarta.go.id/ 
  • Pilih menu “Vaksinasi” dan pilih opsi “Kuota Vaksinasi JAKI”
  • Selanjutnya Anda dapat menentukan lokasi dan tanggal vaksinasi, jenis faskes, nama vaksin, wilayah, kecamatan, kelurahan, dan dosis vaksin yang dibutuhkan
  • Setelah mengetahui informasi lokasi dan jadwal vaksinasi, Anda bisa datang langsung/on the spot untuk melakukan pendaftaran

Baca juga: Cara Download Sertifikat Vaksin lewat WhatsApp

Melalui dua cara tersebut, masyarakat dapat mencari informasi lokasi vaksin terdekat, baik vaksin pertama, kedua, hingga ketiga atau booster.

Selain memperbolehkan untuk melaksanakan mudik 2022 dengan syarat telah melakukan vaksinasi dosis pertama hingga booster, pemerintah juga melonggarkan masyarakat untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk Ramadhan tahun ini.

Itulah cara cek lokasi vaksin booster terdekat. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.