Kompas.com - 27/03/2022, 13:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Setelah Xiaomi 12, 12X, dan 12 Pro, Xiaomi disinyalir bakal meluncurkan model lain dari Xiaomi 12 Series ke publik. Ponsel tersebut diduga bernama Xiaomi 12 Lite.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ponsel dengan embel-embel "Lite" ini dihadirkan sebagai model paling bontot dari Xiaomi 12 Series yang biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. 

Kini, spesifikasi inti ponsel tersebut terungkap melalui platform pengujian (benchmark) hardware populer Geekbench.

Baca juga: Xiaomi 12 Series Meluncur Global, Ini Harganya

Ilustrasi laman Geekbench ponsel yang diduga sebagai Xiaomi 12 Lite.GSMArena Ilustrasi laman Geekbench ponsel yang diduga sebagai Xiaomi 12 Lite.

Dalam halaman Geekbench, diketahui bahwa Xiaomi 12 Lite dengan nomor model "2203129G" ini bakal dibekali dengan chipset Snapdragon 778G.

Ponsel ini dibekali dengan RAM 8 GB.

Chipset untuk ponsel 5G ini memiliki prosesor (CPU) delapan inti yang terdiri dari empat inti berkecepatan tinggi, dan empat inti untuk hemat daya.

Dengan konfigurasi hardware tersebut, Xiaomi 12 Lite mampu mencetak skor performa single core mencapai 788 poin dan multi core mencapai 2.864 poin.

Kehadiran Snapdragon 778G juga menempatkan Xiaomi 12 Lite di kategori ponsel kelas menengah (mid-range), tidak seperti tiga "saudaranya" yang menyasar ke segmen kelas atas (flagship).

Seperti diketahui, Xiaomi 12, 12X, dan 12 Pro ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 untuk Xiaomi 12 dan 12 Pro, serta Snapdragon 870 untuk Xiaomi 12X.

Baca juga: Dua Smartphone 5G Xiaomi Segera Masuk Indonesia, Xiaomi 12 Lite dan Poco C4?

Beralih ke aspek software, laman Geekbench turut menunjukkan bahwa Xiaomi 12 Lite bakal menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) terbaru MIUI 13.

Konon, ponsel ini bakal hadir dalam varian 5G saja, tidak seperti pendahulunya, Mi 11 Lite yang hadir dalam varian 4G dan 5G, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Minggu (27/3/2022).

Kendati demikian, Xiaomi juga belum mengumbar informasi apapun seputar kehadiran ponsel yang digadang-gadang sebagai model termurah di Xiaomi 12 Series tersebut. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.