Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara “Copy” Tabel dari Website ke Google Spreadsheet dengan Cepat

Kompas.com - 28/03/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Google Spreadsheet atau biasa disebut dengan Spreadsheet punya cukup banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berkaitan dengan data angka.

Salah satu fitur dari platform pengolah data angka milik Google itu yang mungkin cukup menarik, yaitu pengguna bisa impor data dari website ke Spreadsheet secara langsung, tanpa harus menyalin dan menempelnya satu per satu.

Baca juga: 30 Shortcut Microsoft Excel serta Fungsinya yang Sering Dipakai di Mac

Beberapa website kadangkala menyajikan informasi atau data dalam bentuk tabel. Mungkin cukup memakan waktu bila harus menyalin data yang ada di tabel tersebut ke lembar kerja Spreadsheet, secara manual.

Dengan fitur impor data dari website ke Spreadsheet, Anda bisa langsung menyalin (copy) tabel serta datanya yang ditampilkan di website secara sekaligus, kemudian menempelkannya di lembar kerja Spreadsheet.

Sehingga, Anda tidak perlu membuat tabel di Spreadsheet dulu, kemudian menyalin dan memasukkan data pada tabel yang berasal dari website. Fitur ini mungkin cukup membantu bagi Anda yang sering terlibat dalam pekerjaan mengolah data tabel.

Cara copy tabel dari website ke Spreadsheet ini cukup mudah, hanya membutuhkan rumus atau formula tertentu dan tabel dari website yang ingin disalin. Untuk lebih lengkapnya, simak cara copy tabel dari website ke Spreadsheet di bawah ini.

Cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

  1. Buka website dengan terdapat tabel yang hendak disalin ke Spreadsheet
  2. Salin URL atau alamat website tersebut
  3. Buka lembar kerja Spreadsheet Anda
  4. Masukkan rumus di salah satu sel Spreadsheet dengan format sebagai berikut:

    =IMPORTHTML("alamat web"; (spasi) "table"; (spasi) 1)

  5. Angka satu di atas merupakan urutan tabel dari website. Apabila terdapat lebih dari satu tabel pada website, masukkan angka sesuai urutannya.
  6. Salin alamat website tadi ke bagian rumus tersebut, lalu klik Enter
  7. Tunggu beberapa saat hingga Spreadsheet menampilkan salinan dari data dari website tersebut

Misalnya, KompasTekno dalam kesempatan ini mencoba menyalin tabel data perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia yang disajikan oleh Antara News, untuk dipindah ke Spreadsheet, seperti yang tertera pada gambar di bawah.

Ilustrasi cara copy tabel dari website ke SpreadsheetAntara News Ilustrasi cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

Baca juga: 40 Daftar Shortcut Microsoft Excel di PC Windows

Setelah menyalin URL dari website Antara News yang berisi data tersebut, lalu mulai membuka Spreadsheet dan membuat rumus pada sel. Ada pun format rumus setelah dimasukkan URL tersebut bakal tampil seperti ini:

=IMPORTHTML("https://www.antaranews.com/covid-19"; "table"; 1)

Ilustrasi cara copy tabel dari website ke SpreadsheetKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

Setelah memasukkan rumus dengan benar dan klik Enter maka bakal muncul data dari website tersebut di lembar kerja Spreadsheet, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi cara copy tabel dari website ke SpreadsheetKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

Baca juga: Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel

Data bakal muncul secara otomatis dengan susunan persis seperti yang tertera di website. Bagaimana, cukup mudah bukan? Demikian cara copy tabel dari website ke Spreadsheet, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.