Kompas.com - Diperbarui 30/03/2022, 08:34 WIB

KOMPAS.com - Shopee, marketplace asal Singapura yang bernaung di bawah naungan Sea Group, memutuskan untuk menutup operasional bisnisnya di India. Keputusan Shopee tutup di India ini terjadi beberapa bulan setelah Shopee mulai beroperasi di negara tersebut.

Dalam pernyataan resmi, alasan Shopee tutup di India adalah karena ketidakpastian pasar global. Namun menurut Reuters, Shopee mundur dari India karena pertumbuhan bisnis yang rendah sehingga perusahaan merugi.

Ada pula spekulasi yang menyebutkan bahwa mundurnya Shopee dari India terkait dengan larangan game Free Fire milik Sea Group oleh pemerintah India.

Game Free Fire merupakan salah satu dari 54 aplikasi yang dilarang di India, karena diyakini mengirim data pengguna ke server di China. Sea Group sendiri menegaskan bahwa mundurnya penutupan Shopee di India tidak terkait dengan larangan game Free Fire.

Baca juga: Shopee Hengkang dari India, Hanya 6 Bulan Beroperasi

Menurut analis Citi, Alicia Yap, tidak ada bukti yang jelas bahwa keputusan Shopee tutup di India disebabkan tekanan pemerintah setempat atau faktor operasional lainnya.

Shopee sendiri memulai bisnisnya di India pada Oktober 2021, sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memperluas bisnisnya.

Saat itu, kapitalisasi pasar Sea Group mencapai 200 miliar dolar AS, namun kini turun menjadi 64,76 miliar per Maret 2022.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Selasa (29/3/2022), Shopee India sudah merekrut penjual lokal hingga meluncurkan situs web dan aplikasi Shopee. Namun pasar marketplace di India sudah didominasi oleh Amazon dan Flipkart.

Sumber yang dikutip Reuters mengatakan, Shopee berencana menggelontorkan dana investasi hingga 1 miliar dolar AS di India. Hengkangnya Shopee dari negara tersebut lantas berdampak pada perusahaan logistik setempat yang telah meneken kontrak kerja sama.

Berdasarkan keterangan perusahaan, Shopee India akan ditutup mulai hari ini, Selasa (29/3/2022). Dengan demikian, pelanggan sudah tidak dapat melakukan pembelian sejak tanggal tersebut. Adapun penyelesaian pembayaran, pengembalian dana dan lainnya akan diproses hingga 30 Mei.

Baca juga: Sebelum India, Shopee di Perancis Juga Tutup Setelah Beroperasi 6 Bulan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.