Cara Cek Lokasi Kamera E-Tilang di Aplikasi Waze untuk Meminimalisir Pelanggaran Lalu Lintas

Kompas.com - 29/03/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Tilang elektronik (e-tilang) atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) telah diterapkan secara Nasional mulai tahun 2021 lalu. Penerapan tilang elektronik bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan berkendara di masyarakat.

Adapun sistem tilang elektronik (ETLE) juga akan diterapkan pada ruas jalan tol mulai Jum’at, 1 April 2022. Kebijakan penerapan tilang elektronik nantinya akan berfokus pada dua pelanggaran.

Keduanya adalah pelanggar kecepatan (overspeed) dan over dimension over loading (ODOL) atau kelebihan dimensi dan muatan. Pelanggar kecepatan (overspeed) nantinya akan dideteksi oleh speedcam yang dapat menangkap gambar kendaraan dan pelat nomornya.

Baca juga: Polantas Tilang Pemakai Google Glass

Untuk pelanggar over dimension over loading (ODOL) akan terdeteksi saat melewati sensor WIM (weight in motion).

Maka dari itu untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara pada kehadiran kamera tilang elektronik, pengendara dapat memanfaatkan aplikasi navigasi Waze untuk mengetahui lokasi kamera tilang elektronik.

Waze akan memberikan notifikasi kepada pengendara saat akan memasuki kawasan tersebut. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini langkah pengaturan cara cek kamera e-tilang di aplikasi navigasi Waze.

Baca juga: Algoritma Bermasalah, Waze Arahkan Pengguna ke Jalan Macet

Cara cek lokasi kamera e-tilang di Waze

Cara cek kamera e-tilang di WazeKompas.com/soffyaranti Cara cek kamera e-tilang di Waze

  • Unduh aplikasi Waze di Play Store (Android) dan App Store (iOS)
  • Login atau sign up menggunakan e-mail Google Anda
  • Klik “Waze Saya”
  • Klik “Pengaturan” yang ditandai dengan ikon gerigi di pojok kiri atas
  • Gulir ke bawah dan klik “Peringatan & laporan”
  • Pilih “Laporan”
  • Klik “Kamera kecepatan”
  • Geser toggle ke kanan menu “Tampilkan di peta” dan “Waspada saat mengemudi”

Baca juga: Dirombak, Tampilan Waze Kini Lebih Warna-warni

Setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, nantinya Waze akan memberikan notifikasi saat pengendara akan memasuki kawasan tilang elektronik. Namun dengan catatan, aplikasi Waze sedang digunakan. 

Melalui aplikasi navigasi Waze, selain mengedukasi pengguna agar dapat terus waspada terhadap kehadiran kamera e-tilang, Waze juga membantu untuk meminimalisir pelanggaran yang terekam di kamera. Itulah cara cek kamera e-tilang di Waze.

Demi keselamatan, ada baiknya Anda tidak mengoperasikan ponsel saat mengemudi, terutama saat mengendarai kendaraan roda dua. Apabila Anda menggunakan holder untuk menyangga ponsel, pastikan Anda tetap mengutamakan fokus dan keselamatan selama berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.