Kompas.com - 30/03/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Ramadhan 2022 tinggal menghitung hari. Seperti tahun-tahun sebelumnya, operator seluler juga sibuk melakukan persiapan untuk memastikan layanannya tetap berjalan optimal selama Ramadhan dan Lebaran.

Salah satunya adalah XL Axiata. Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (29/3/2022), XL Axiata mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan penguatan jaringan telekomunikasi guna menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2022.

Penguatan jaringan data perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadhan dan terlebih saat libur panjang Lebaran tahun ini.

Baca juga: XL Axiata Akuisisi 51 Persen Saham Hypernet Senilai Rp 321 Miliar

Untuk itu, Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata mengatakan, XL Axiata sudah menyiapkan kapasitas jaringan tiga kali lipat lebih besar saat Ramadhan dan Lebaran 2022, dibandingkan hari biasa.

"Saat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga tiga kali dari hari normal," kata Gede.

Gede sendiri memperkirakan bahwa trafik XL Axiata akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadhan 2022 dibandingkan trafik di hari biasa. Trafik diprediksi akan meningkat hingga 15 persen saat memasuki periode libur Lebaran 2022.

"Untuk itu, penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga dua kali dibandingkan hari normal," kata Gede.

Ilustrasi BTS XL Axiata.XL Axiata Ilustrasi BTS XL Axiata.
Tahun ini, pemerintah juga sudah mulai melonggarkan ketentuan mudik lebaran. Selain meningkatkan kapasitas jaringan data, XL Axiata juga memperkuat jaringannya di sejumlah tempat yang akan menjadi titik keramaian ketika periode mudik dan libur Lebaran tiba.

Baca juga: 3 Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G XL dengan Mudah Tanpa Ganti Nomor

Misalnya, di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa. Kemudian lokasi wisata, pusat perbelanjaan, serta tempat pemberangkatan pemudik yang menggunakan moda transportasi darat, udara, dan laut.

Selain menambah kapasitas jaringan, XL Axiata juga mengerahkan Mobile BTS (MBTS), yang di tempatkan di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami kepadatan trafik data.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.