Kompas.com - 30/03/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Kedatangan bulan Ramadhan 2022 tinggal menunggu hitungan hari. Bagi umat Muslim bulan Ramadhan biasanya dimanfaatkan untuk mengejar pahala dari Sang Pencipta.

Selain menjalankan kewajiban untuk puasa Ramadhan, umat muslim kadang juga mengisi waktu dengan melakukan berbagai ibadah lainnya, salah satunya seperti tadarus atau membaca ayat Al Quran secara bersama-sama.

Biasanya beberapa orang dalam satu kelompok bakal membaca Al Quran secara bergantian hingga khatam. Selain bersama-sama, mengaji Al Quran juga bisa dilakukan secara mandiri untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan.

Baca juga: 5 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 untuk iPhone dan Android

Kini, mengaji Al Quran bisa dilakukan secara mudah. Umat Muslim tidak harus memiliki kitab Al Quran dalam bentuk cetak atau fisik, terdapat beberapa aplikasi Al Quran untuk HP (handphone) dalam bentuk digital yang bisa dimanfaatkan untuk mengaji juga.

Aplikasi Al Quran 30 juz digital itu bisa diakses dengan mengunduh (download) secara gratis lewat toko aplikasi di masing-masing ponsel, seperti Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya berisi ayat Al Quran, melainkan juga dilengkapi dengan fitur terjemahan bahasa Indonesia dan tajwid (cara baca Al Quran), sehingga memudahkan dalam mengaji.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan lima aplikasi Al Quran yang bisa dipakai untuk mengaji di bulan Ramadhan 2022.

1. Al Quran Indonesia

Ilustrasi aplikasi Al Quran IndonesiaGoogle Play Store Ilustrasi aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran untuk HP yang pertama adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang memudahkan pembaca dalam mengaji Al Quran.

Al Quran Indonesia memiliki fitur tajwid berwarna, tulisan latin untuk setiap ayat Al Quran, terjemahan bahasa Indonesia, dan sebagainya. Untuk terjemahannya, aplikasi ini menggunakan terjemahan dari Kementerian Agama dan Tafsir Al Jalalain Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.